STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLAAN WEBSITE DESA CIANGSANA BERBASIS MASYARAKAT

Hiswanti Hiswanti
Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
Indonesia
Ravika Savitri
AKMRTV Jakarta
Indonesia
Noviawan Rasyid Ohorella
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pengelolaan website Desa Ciangsana berbasis kearifan lokal. Dalam hal ini fokus penelitian pada media website dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deksriptif dengan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori difusi inovasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pengelolaan website desa belum efektif hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia baik dari sisi pengelola website maupun pengelola penyajian konten, namun pihak desa tetap mengupayakan untuk tetap mempromosikan potensi desa ciangsana melelaui. Desa ciangsana berusaha memperbaharui dengan program desa digital yang nantinya website tersebut akan dibuat kembali dengan keamanan yang lebih baik untuk mengangkat potensi masyarakat yang ada di Desa Ciangsana.

Keywords
Desa Ciangsana; Masyarakat; Pengelolaan Website; Strategi Komunikasi
References

Arif, M., & Pardianto. (2022). Literasi Komunikasi Wisata Desa Berbasis Teknologi Informasi (Studi di Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.15642/jik.2022.12.2.127-147

Bungin, B. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok : PT Raja Grafindo.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, I., & Samsiah, S. (2022). Fungsi Media Massa bagi Masyarakat di Desa Moibaken (Studi Fungsi dan Media Massa di Masyarakat Desa Moibaken). Copi Susu: Jurnal Komunikasi Politik Dan Sosiologi, 4(1), 21–29.

Kamila, N., Diarta, A., & Nuranisa, S. (2023). Persepsi Pengguna Media Sosial terhadap Konten Informasi Mental Health (Studi Kasus pada Platform Satupersen. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i2.9131

Kartikawati, D. (2018). Implementasi Difusi Inovasi pada Kemampuan Media Baru dalam Membentuk Budaya Populer (Kajian pada Media Youtube di Kalangan Remaja). Jurnal Ekspresi Dan Persepsi, 1(1), 90–98. https://doi.org/10.33822/jep.v1i01.447

Made, S., Ohorella, N., & Nashe, A. (2024). Branding Destinasi Pariwisata Bali pada Akun Instagram @wisatabali_official. Jurnal Broadcasting Communication, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.53856/za0g0z38

Magfirah, N. (2020). Model Komunikasi Pengembangan Wisata Kearifan Lokal pada Desa Wisata Mukapayung Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 3(2), 8–19.

Nurrahmah, S., & Sulistiawati, A. (2022). Ragam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Informasi Pertanian di Masa Pandemi (Kasus: Anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Cabang Tuban, Kediri, dan Ponorogo, Jawa Timur). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(1), 11–18. https://doi.org/10.46937/20202239869

Qindi, M., Ohorella, N., Prihantoro, E., & Ningsih, T. (2023). Aplikasi Jaki sebagai Media Pengaduan Sarana Umum di Kelurahan Jatinegara. Jurnal Badati, 5(1), 81–94. https://doi.org/10.38012/jb.v8i1.994

Rafi, M., Ohorella, N., Ritonga, A., & Wahyuni, S. (2023). Interpersonal Communication Consultation of Doctors and Patients in the Whatsapp Media. Content: Journal of Communication Studies, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.32734/cjcs.v1i02.14090

Saidah, M., Trianutami, H., & Amani, F. (2022). Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 11–19. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.01

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Budaya. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 4(1), 15–23. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung : CV. Alfabeta.

Topohudoyono, & Budiyono. (2017). Membangun Layanan Informasi Publik melalui Fitur-fitur Website Desa (Kasus di Desa Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah). Jurnal Komunikasi, 12(1), 9–18. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art1

Varenia, I., & Phalguna, I. (2022). Implikasi Media Baru sebagai Media Komunikasi dan Teknologi Informasi. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 4(1), 12–23. https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v4i1.614

Wiyanto, S. D. S., Amelita, T., & Irwansyah. (2023). WEBSITE PEMERINTAH SEBAGAI PENERAPAN E-GOVERNMENT. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 33–52. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i1.8212

Yudistira, Y., & Nela, W. (2022). The Role of Communication and Mass Media in the Diffusion Process of the Covid-19 Vaccination Program Innovation. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 1–9. https://doi.org/10.21070/kanal.v10i2.1668

Zuwirna. (2020). Dasar Dasar Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Information
PDF
365 times PDF : 222 times