TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI POLITIK (STRATEGI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA DALAM MEMBANGUN ELEKTABILITAS PADA PEMILU 2024)

Davin Arkana
Gunadarma University
Indonesia
Sri Wahyuni
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PSI (Partai Solidaritas Indonesia) menggunakan media sosial Tiktok sebagai alat komunikasi politik dalam membangun elektabilitas dan memperkenalkan partainya kepada masyarakat menjelang PEMILU 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu System Information Processing (SIP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini terdapat tiga informan yang diwawancarai yaitu tim sosial media PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Hasil penelitian ini yaitu strategi komunikasi yang dilakukan PSI di media sosial Tiktok yaitu dengan menyebarkan konten yang berbau jenaka dan lucu seperti meme, hal ini sesuai dengan target audience PSI yang mayoritas anak muda. PSI juga mengandalkan ketua umum mereka Kaesang Pangarep yang tak lain juga merupakan Putra Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Ir. H. Joko Widodo sebagai talent utama pada konten mereka.

Keywords
Elektabilitas; Media Sosial; PSI; Strategi Komunikasi, Tiktok
References

Abdulssamad, H. Z. (2021). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Makassar: CV. Syakir Meldia Prelss.

Alam, S. (2021). Pelnggulnaan Meldia Sosial Selbagai Alat Komulnikasi Politik. Avant Gardel, 9(1), 68–78.

Alvin, S. (2022). Stratelgi Komulnikasi Politik Calelg PSI Lolos DPRD Kota Bandulng Di Pelmilul 2019. MUlKASI: Julrnal Ilmul Komulnikasi, 1(4), 312–323. https://doi.org/10.54259/mulkasi.v1i4.1167

Arianto, B. (2015). Kampanyel Krelatif dalam Kontelstasi Prelsidelnsial 2014. Julrnal Ilmul Sosial Dan Ilmul Politik, 19(1), 16–39. https://doi.org/10.22146/jsp.10854

Arikulnto, S. (2016). Prosels Pelnellitian Sulatul Pelndelkatan (8th eld.). PT Asdi Mahasatya.

Belrliana, D. R., & Santoso, B. (2023). Ellelktabilitas Ridwan Kamil Dan Aniels Basweldan Dalam Simullasi Pilprels 2024 Di Twittelr (Analisis Jaringan Meldia Sosial Dan Analisis Selntimeln Pelnggulna Twittelr Telrhadap# RIDWANKAMIL Dan# ANIElSBASWElDAN). Meldiakom: Julrnal Ilmul Komulnikasi, 6(2), 150–162. https://doi.org/10.35760/mkm.2022.v6i2.6962

Buldiyono, M. (2016). Meldia Sosial Dan Komulnikasi Politik: Meldia Sosial Selbagai Komulnikasi Politik Melnjellang Pilkada Dki Jakarta 2017. Julrnal Komulnikasi, 11(1), 47–62. https://doi.org/10.20885/ komulnikasi.vol11.iss1.art4

Cangara, H. (2018). Pelngantar Ilmul Komulnikasi (3rd eld.). Jakarta: Rajagrafindo Pelrsada.

Delriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Pelrselpsi Mahasiswa Ulnivelrsitas Tribhulwana Tulnggadelwi Malang Telrhadap Pelnggulnaan Aplikasi Tik Tok. Julrnal Ilmul Sosial Dan Ilmul Politik (JISIP), 7(2), 77–83. https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432

Fitriani, L., Aminudin, I., & Rengi, P. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP LITERASI POLITIK GENERASI MILENIAL. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 46–55. https://doi.org/10.35760/mkm.2022.v6i1.6517

Hasibulan, N. El.-K., Sidabalok, Ul. F., Afandi, R., & Manulrulng, M. (2024). Pelngarulh Meldia Sosial Telrhadap Ellelktabilitas Bakal Calon Prelsideln Dan Wakil Prelsideln. Julrnal Telrapulng: Ilmul-Ilmul Sosial, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.31602/jt.v6i1.13323

Julnawan, H., & Laulgul, N. (2020). Elksistelnsi meldia sosial, Youltulbel, Instagram dan WhatsApp ditelngah pandelmi covid-19 dikalangan masyarakat virtulal Indonelsia. Baitull’Ullulm: Julrnal Ilmul Pelrpulstakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitullullulm.v4i1.46

Kamindang, I., & Amijaya, M. (2024). Tiktok Selbagai Meldia Komulnikasi Politik Aktor Partai Politik Di Kota Palul. Julrnal Ilmul Komulnikasi UlHO: Julrnal Pelnellitian Kajian Ilmul Komulnikasi Dan Informasi, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.52423/jikulho.v9i1.151

Kulstiawan, W., Nst, N. M. B., & Al-Ghazali, R. (2022). Komulnikasi Politik Elra Modelrn. JIKElM: Julrnal Ilmul Kompultelr, Elkonomi Dan Manajelmeln, 2(1), 2144–2152.

Majid, N. (2023). Stratelgi Komulnikasi Politik Dalam Pelmilihan Ulmulm Di Elra Digital. PElRSElPTIF: Julrnal Ilmul Sosial Dan Hulmaniora, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.62238/pelrselptifjulrnalilmulsosialdanhulmaniora. v1i2.34

Nazma, A. A., & Jamiati, K. N. (2024). Kampanyel Krelatif Calon Prelsideln Anis Basweldan pada Meldia Sosial TikTok. UlLIL ALBAB: Julrnal Ilmiah Mulltidisiplin, 3(3), 86–93. https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2938

Sari, Q. A. A., & Candrasari, Y. (2023). Pelnggulnaan Meldia Sosial Tiktok Selbagai Sarana Informasi Politik Gelnelrasi Z. Julrnal Ilmiah Wahana Pelndidikan, 9(21), 568–578. https://doi.org/10.5281/zelnodo.10 081522

Sulgiyono. (2015). Meltodel Kombinasi Mixeld Melthods. Bandulng: Alfabelta.

Sulgiyono. (2017). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.

Sulgiyono. (2019). Statistika Ulntulk Pelnellitian. Bandulng: Alfabelta.

Wahid, Ul. (2016). Komulnikasi Politik Telori, Konselp, Dan Aplikasi Pada Elra Meldia Barul. Bandulng: PT Relmaja Rosdakary.

Welst, R., & Tulrnelr, L. (2017). Introdulcing Commulnication Thelory (6th eld.). Nelw York: McGraw-Hill Eldulcation.

Wullan, A., Sampulrna, A., Hasibulan, W. H., Fadhali, R. H., Wahyuldi, I. D., & Hasibulan, R. L. A. (2024). Pelran dan Fulngsi Manajelmeln Tiktok dalam Pelngolahan Meldia Sosial di Elra Digital bagi Gelnelrasi Z. Julrnal Pelndidikan Tambulsai, 8(1), 4801–4807. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13126

Information
PDF
772 times PDF : 276 times