PENERAPAN PERIKLANAN DI INTERNET DAN PEMASARAN MELALUI E-MAIL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI WILAYAH DEPOK

Mujiyana Mujiyana

Abstract


Dewasa ini peran internet bukan hanya sebagai sarana mencari informasi, tapi juga
mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan, khususnya
periklanan. Bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), media periklanan melalui
internet di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal bahkan masih relatif kecil
dan cenderung jauhdarisentuhan teknologi informasi yang mendukung kegiatandan
operasional perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan
verifikatif. Konsep model penelitian iniadalah menguji kebenaran daru suatu hipotesis.
Dalam penelitian ini telah dilakukan tiga tahapan selama tiga tahun berturut-turut, tahun
pertama menguji manfaatpenggunaaninternet untuk periklanan bagi UMKM, tahun
kedua membangun dan  mengembangkan portal situs web untuk periklanan produk
UMKM, dan tahunketiga mengukur pengaruhperiklananmelaluiinternet bagiUMKM.
Hasil penetilian dan kajian ini adalah produkteknologi infomasi yang dapat
dimanfaatkan dalam pengelolaan usaha kecil,baik dari sisi kepentingan pelaku usaha
maupun pihak terkait dalam pemberdayaan usaha kecil, dalam bentuk portal E-marketing yang dikelola oleh instansipemerintah dan pihak asosiasi usaha kecil di
wilayah kota Depok.  Portal yang  telah dibangun dapat diakses melalui
http://www.gunadarma.ukmdepok.com

Full Text:

full paper