PEMBUATANGAMEARASENUNTUK LATIHAN SOAL TES POTENSI AKADEMIK MENGGUNAKAN RPG STUDIO

Daisy Patria

Abstract


Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membuatgame berjenis Role Playing Game (RPG) yang dapatdimainkan oleh berbagaikalangan, khususnya bagi masyarakat yang hendak menghadapi Tes Potensi Akademik untuk melepas kejenuhan,mengukurkemampuan, serta melatih pemain untuk terbiasa menghadapi soal-soal TPA. Inti dari permainan ini adalahbagaimana  menyajikan sebuah permainan yangdapatmemberikan manfaatnamun tetap dapatdinikmati, serta bagaimana menyajikan sesuatu yang biasanya dikerjakan dengan serius dan tegang menjadi sesuatu yangmenarik dan rileks ketika mengerjakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka, yaitu mengambil turorial yang berkaitan dengan RPG Studio dari buku dan referensi. Dari data tersebutdirancang tampilan antarmuka permainan, algoritma program, struktur program, dan storyboard sehingga permainan ini mempunyai alur permainan yangjelas. Dengan aplikasi ini penggunadapatmengerjakan soal TPA dengan lebih rileks dan dapat menikmati permainan sesuai alurcerita yang diberikan

Full Text:

Full Paper