PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN JAMKESDA PEMBUATAN SURAT RUJUKAN SECARA ONLINE DI KABUPATEN BOGOR

B. Sundari, Bertilia Lina Kusrina, Revida Iriana

Abstract


Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat yang melayani pasien
umum, pasien peserta Jamkesda. Sistem Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
masih mengalami kesulitan dalam hal pencarian data pasien. Kesulitan tersebut
disebabkan adanya berkas pasien yang terselip bahkan terjadi duplikasi data
pasien terhadap pasien lama yang tidak bawa kartu. Bagian administrasi masih
menggunakan buku catatan pasien sebagai arsip. Pelayanan informasi kesehatan
saat ini telah memanfaatkan teknologi informasi dan telah memberikan
fasilitas yang mencukupi untuk kebutuhan pelayanan informasi kesehatan, namun
aplikasi ini masih kurang terintegritas dalam pengelolaan data maupun
informasi. Berdasarkan masalah yang dihadapi maka dibutuhkan sebuah aplikasi
pelayanan Jamkesda secara online. Penelitian ini hanya membahas mengenai
perancangan sistem pelayanan jamkesda secara online untuk pembuatan surat
rujukan. Metode pembuatan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan pola pendekatan SDLC (System Development Life Cycle). Hasil
penelitinan ini adalah membuat rancangan sistem surat rujukan guna dapat
membantu dan mempermudah pembuatan aplikasi pelayanan informasi
kesehatan khususnya surat rujukan secara online, sehingga dapat membantu
petugas administrasi saat memproses pelayanan kesehatan jamkesda membuat
surat rujukan dan merasa nyaman menggunakan aplikasi pelayanan informasi
kesehatan secara online.

Full Text:

FULL PAPER