PENGARUH KOMBINASI PUPUK ORGANIK GRANUL DENGAN PUPUK NPK TERHADAP P-POTENSIAL, P-TERSEDIA, KADAR P DAN HASIL TANAMAN PADI SAWAH (Oryza sativa L.) PADA FLUVAQUENTIC EPIAQUEPTS

Priestiani Prestiani
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Indonesia
Laily Muharani
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Indonesia
Nur Khasanah
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Indonesia

Abstract

Fluvaquentic Epiaquepts merupakan salah satu sub-group dari ordo Inceptisols yang mempunyai luas sekitar 70.52 juta ha di Indonesia, tetapi mempunyai masalah P tidak tersedia bagi tanaman dan kadar bahan organik relatif rendah. Padahal unsur P pada tanaman padi dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Mengatasi hal tersebut diperlukan pemupukan berimbang antara pupuk organik dan anorganik untuk meningkatkan hasil padi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi pemberian POPG dan pupuk NPK terhadap P-potensial, P-tersedia, Serapan P dan hasil tanaman padi sawah (Oryza sativa L.) pada Fluvaquentic Epiaquepts. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal dengan sepuluh perlakuan dan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kombinasi POPG dengan pupuk NPK terhadap P-potensial, P-tersedia, kadar P serta hasil tanaman padi sawah. Pada perlakuan kombinasi dosis 500 kg POPG ha-1 + 200 kg NPK ha-1 memberikan hasil yang efisien dari perlakuan lainnya.

Keywords
Fluvaquentic Epiaquepts; Padi; Pupuk NPK; Pupuk Organik Padat Granul
References

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, 2009. Padi, Inovasi Teknologi dan Ketahanan Pangan. Buku 1.LIPI Press. Jakarta.

Dobermann, A., Fairhurst, T., 2000. Rice: Nutrient Disorders & Nutrient Management. First ed. s.l..n.

Pane, M.A., Damanik, M., Sitorus, B., 2014. Pemberian Bahan Organik Kompos Jerami Padi dan Abu Sekam Padi dalam Memperbaiki. Jurnal Online Agroekoteknologi, 2, 1426-1432.

Purba, T., 2021. Tanah dan Nutrisi Tanaman.Yayasan Kita Menulis. Medan.

Putra, A.D., Damanik, M., Hanum, H., 2015. Aplikasi Pupuk Area Dan Pupuk Kandang Kambing Untuk Meningkatkan N Total Tanah Pada Inceptisol Kwala Bekala Dan Kaitannya Trhadap Pertumbuhan Jagung (Zea Mays L.). Jurnal Online Agroekoteknologi, 3,128.

Rosmarkam, A., Yuwono, N.W., 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Yogyakarta: Kanisius.

Saragih, M.I., Fauzi, S.T., 2019. Aplikasi Biochar dan Pupuk Kandang sebagai Amelioran dan SP-36 Terhadap Peningkatan P-Tersedia, Serapan P dan Pertumbuhan Jagung (Zea mays L.) di Tanha Ultisol. Jurnal Online Agroekoteknologi, 7(3), 532-541.

Suyono, A.D., Citraresmini, A., 2010. Komposisi Kandungan Fosfor pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Berasal dari Pupuk P dan Bahan Organik. Bionatura-Jurnal Ilmu Hayati dan Fisik, 12(3), 126-135.

Information
PDF
35 times PDF : 16 times