PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT CHERRY (Solanum lycopersicum var. cerasiforme) PADA SISTEM HIDROPONIK DENGAN MEDIA TANAM ORGANIK DAN NUTRISI AB MIX

Rina Setiawati
Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Indonesia
Tiara Septirosya
Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Indonesia
Mokhamad Irfan
Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Indonesia
Indah Permanasari
Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Indonesia

Abstract

Tomat cherry salah satu komoditas sayuran yang diusahakan di Indonesia. Budidaya tomat cherry dapat dilakukan secara hidroponik sebagai salah satu solusi pertanian di perkotaan (urban farming). Pada sistem hidroponik diperlukan media tanam yang sesuai yang dikombinasikan dengan konsentrasi larutan hara (AB Mix) yang tepat untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh interaksi antara media tanam organik dengan konsentrasi larutan AB Mix, media tanam organik terbaik dan konsentrasi larutan AB Mix untuk pertumbuhan dan hasil tanaman cherry secara hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan di UIRA Farm, Kampar. Analisis Tanaman dilaksanakan di Laboratorium Agronomi dan Agrostologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Blok Terpisah (Split Block) dengan 2 faktor, yakni media tanam (Sekam Padi, Cocopeat, Batang Pakis dan Arang Sekam) dan konsentrasi nutrisi AB Mix (50%, 100% dan 150%). Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat interaksi antara media tanam organik dengan nutrisi AB Mix, media tanam organik sekam padi, batang pakis dan arang sekam memberikan respon yang sama baiknya untuk pertumbuhan tanaman tomat cherry, serta nutrisi AB Mix yang diberikan pada berbagai taraf konsentrasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat cherry.

Keywords
Arang Sekam; Batang Pakis; Sekam Padi; Urban Farming
References

Ambarwati, E. 2009. Perakitan tomat berproduksi tinggi untuk dataran tinggi. Skripsi. Program Studi Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Fakhrunnisa, E., Kartika, JG., Sudarsono. Produksi Tomat Cherry dan Tomat Beef dengan Sistem Hidroponik di Perusahaan Amazing Farm, Bandung. Bul. Agrohorti 6(3): 316-325.

Lestari, AP., Riduan, A., Elliyanti, Martino, D. 2020. Pengembangan Sistem Pertanian Hidroponik pada Lahan Sempit Komplek Perumahan. Saintifik Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 6 (2): 136-142.

Mas’ud, H. 2009. Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada. Media Litbang Sulawesi Tengah 6 (2): 131-136.

Maitimu, DK., Suryanto, A. 2018. Pengaruh Media Tanam dan Konsentrasi AB-Mix pada Tanaman Kubis Bunga (Brassica oleraceae var botrytis L.) Sistem Hidroponik Substrat. Jurnal Produksi Tanaman 6(4) : 516-523

Minjuan, W., Chen, D., Wanlin, G. 2019. Evaluation of the Growth, Photosynthetic Characteristics, Antioxidant Capacity, Biomass Yield and Quality of Tomato Using Aeroponics, Hydroponics and Porous Tube-Vermiculite Systems in Bio-Regenerative Life Support Systems. Life Sciences in Spaces Research 22 (2019): 68-75.

Nugraha, RU., Susila, AD. 2015. Sumber sebagai Hara Pengganti AB mix pada Budidaya Sayuran Daun secara Hidroponik. Jurnal Hortikultura Indonesia 6(1) : 11-19.

Perwtasari, B., Ripatmasari, M., Wasonowati, C. 2012. Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakchoy (Brassica juncea L.) dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Agrovigor 5 (1): 14-25.

Purnomo, J., Harjoko, D., Sulistyo, TD. Budidaya Cabai Rawit Sistem Hidroponik Substrat dengan Variasi Media dan Nutrisi. Caraka Tani 31(2): 129-136.

Rahayu, A., Setyono, dan Susanto, S. pertumbuhan tanaman Pamelo [Citrus maxima (Burm.) Merr.] pada Berbagai Komposisi Media Tanam. J. hort. 7(1) : 40-48.

Romeo, D., Vea, EB., Thomsen, M. 2018. Environmental Impacts of Urban Hydroponics in Europe: a Case Study in Lyon. Procedia CIRP 69(2018) : 540-545.

Sarido, L., Junio. 2017. Uji Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair pada Sistem Hidroponik. Jurusan Agroteknologi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur 17 (1): 65.

Sukarman, Kainde, R., Rombang, J., Thomas, A. 2012. Pertumbuhan Bibit Sengon (Paraserianthes falcataria) pada Berbagai Media Tumbuh, J. Eugenia 18(3) : 215-221.

Sulasno. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Tanam Berbeda terhadap AB Mix untuk Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pachoy (Brassica juncea L.) dengan Hidroponik. Jurnal Agronomy 13 (1) : 1-7.

Wahyuningsih, A. 2016. Komposisi Nutrisi dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Sistem Hidroponik. Jurnal Budidaya Pertanian 4 (8): 596.

Wijayanti, E., Susila, AD. 2013. Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) secara Hidroponik dengan Beberapa Komposisi Media Tanam. Buletin Agrohorti 1 (1): 104-112.

Information
PDF
6395 times PDF : 2612 times