PENENTUAN KUALITAS PEKTIN DENGAN FORMULASI PH EKSTRAKSI PADA LIMBAH KULIT KAKAO (Theobrema cacao L.)

Aisyah Aisyah
Program Studi Agroteknologi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Asmanur Jannah
Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa
Indonesia
Nurfitri Nurfitri
Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa
Indonesia

Abstract

Pada umunya aktifitas manusia pada usaha budidaya pertanian menghasilkan limbah terutama pada tanaman yang menghasilkan buah. Pektin adalah salah satu hasil pengolahan limbah yang bernilai ekonomi tinggi.  Diantara limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pektin diantaranya adalah jerami padi, kulit kentang, kulit buah-buahan serta daun dan ranting tanaman-tanaman tertentu.  Salah satu limbah hasil pertanian yang potensial menghasilkan pektin adalah limbah kulit Kakao (Theobrema cacao L.) dengan kandungan Pektin sebesar 2 sd 10%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pH ekstraksi terhadap komponen mutu Pektin yang memenuhi standar.  Pektin dari kulit Kakao dibuat dengan tiga variasi pH diantaranya pada pH1.5, 2 dan 2.5).  Karakter pektin yang diamati antara lain : rendemen Pektin, kadar air, kadar metoksil dan berat ekivalen.  Pektin yang dihasilkan dari ekstraksi dengan variasi perbedaan pH menghasilkan serbuk berwarna coklat dan tidak berbau.  Komponen mutu yang dihasilkan dari penelitian ini dan sudah memenuhi standar IPPA (International Pektin Producers Asseciation) dari semua formulasi pH yang dicoba adalah kadar air pectin berkisar antara 11.92 sd 11.96%, kadar abu berkisar antara 4.87 sd 7.87% dan kadar metoksil berkisar antara 4.96 sd 7.36%.

Keywords
Limbah Kulit Kakao; pH Ekstraksi; Pektin
References

Akhmaluddin dan Kurniawan, A. Pembuatan dari Kulit Cokelat dengan Cara Ekstraksi. Makalah Jurusan Teknik kimia Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro.

Ardiansyah, G., Hamzah, F., dan Efendi, R. 2014. Variasi Tingkat Keasaman dalam Ekstraksi Kulit Buah Durian. JOM FAPERTA 1 (2):

Augustia, Venitalitya, A.S., Nugroho, D.I., dan Wirawan, SK. 2018. Pengaruh Rasio Isopropil Alkohol Terhadap Recovery dan Karakteristik Serbuk Pektin dari Kulit Kakao. Jurnal Teknik Kimia USU 7 (2): 1-5

Awuah, R.T dan Frimpong. M. 2003. Cocoa-based Media for Culturing Phytophthora palmivora (Butl)., causal Agent of Black Pod Deseases of Cocoa. Mycopathologia. 155:143-147.

Corah, M. 2008. Variasi pH dan Lama Ekstraksi Terhadap Kualitas Pektin Kubis Varietas Krop (Brassica aleraceae var. Capitala L) Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Riau.

Dewitasari, W.F., Leni, R dan Ismi, R. 2017. Rendemen dan Skrining Fitokimia pada Ekstrak Daun Sanseviera sp. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol. (17) No.3 : 197-202.

Erika, C. 2013. Ekstraksi Peptin dari Kulit Kakao (Theobroma Cacao L.) Menggunakan Amonium Oksalat. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia Vol.(5) No.2 : 1-6.

Edahwati, L., Susilowati dan Harsini, T. 2011. Produksi Pektin dari Kulit Buah Coklat (Theoroma Cacao). Universitas Pembangunan Nasional. Surabaya.

Fardiaz, D. 1984. Pemanfaatan Limbah Jeruk Sebagai Bahan Pembuatan Pektin. IPB. Bogor.

Farida, Hanum, Kaban., Irza, M.D. Tarigan dan Martha, A. 2012. Ekstraksi Peptin dari Kulit Pisang Raja (Musa Sapientum). Jurnal Teknik Kimia USU. Vol.1 No.2.

Febriyanti, Y., Razak, A.R, A.R, dan Sumarni. N.K. 2018. Ekstraksi dan Karakterisasi Pektin dari Kulit Buah Kluwih (Actocarpaus camansi Blanco). Kovalen 4(1) : 60-73

Fitri, A. 2016. Pektin dari Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L) sebagai Edible Coating Buah Tomat (Skripsi). Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Halu Oleo, Kendari.

Fitria, V. 2013. Karakteristik Peptin Hasil Ekstraksi dari Limbah Kulit Pisang Kepok (Musa balbisiana ABB). Skripsi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Program Studi Farmasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hanum, F., Kaban, M.K., dan Tarigan M.A. 2012. Ekstrak Peptin dari Kulit Buah Pisang Raja (Musa sapientum). Jurnal Teknik Kimia USU 1(2) : 21-26.

International Pektin Producers Association, Pektin Commercial Production, https://ippa.info/commercial_production_of_Pektin.htm. Diaskses : 13 Desember 2018

Kalapathy, U. and Proctor, A.2001 Effect of Acid Extraction and A Precipitation Conditions on Yield and Purity of Soy Hull Pectin. Food Chemistry 73:393-396.

Listyati, D. 2015. Peluang Ekonomi Kulit Kakao Menjadi Pektin. Medcom Perkebunan Majalah Semi Populer tanaman Industri dan Penyegar Vol.3, No.5, Mei 2015.

Maulidiya, Halimatussadiyah, fitri, S. Muhammad, N dan Ansharullah, 2014. Isolasi Pektin dari Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L.) dan Uji Daya Serapnya Terhadap Logam Tembaga (Cu) dan Logam Seng (Zn). Jurnal Agroteknos Vol.4, No.2

Pratama, A. 2015. Limbah Kulit Kakao Sebagai Sumber Bahan Baku Produksi Pektin. 22 Juni 2015.

Ranggana, S. 1977. Handbook of Analysis and Quality Control for Fruit and Vegetable Products. Second Edition. Tata McGraw-Hill, New Delhi.

Rouse, A.H. 1977. Pektin Distribution Significance dalam Nagy, S., Shaw, P.E., dan Veldhuis, M.K. (eds), Citrus Science and Technology, The AVI Publishinh Company Inc., Wesport, Connecticut, 1, 104-106

Sudarmadji, S. Haryono, B dan Suhardi. 1994. Prosedur Analisa Untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Associaton of Official Analytical Chamists, Washington. De, Liberty. Yogyakarta.

Tuhuloula, A., Budiyarti, L., dan Fitriana, E.N. 2013. Ekstraksi dan Karakterisasi Pektin dari Buah Pandan laut (Pandanus tectoricus). Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem Vol. (2) : 89-96.

Winarno, F.G. 1991. Fisiologi Kimia Pangan dan Gizi. PT. Gramedia. Jakarta.

Information
PDF
1761 times PDF : 1155 times