PROTOTIPE SISTEM OTOMATIS BERBASIS IOT UNTUK PENYIRAMAN DAN PEMUPUKAN TANAMAN DALAM POT

Aviana Furi
Universitas Gunadarma
Indonesia
Mohammad Iqbal
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nur Sultan Salahuddin
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Pembangunan pertanian di Indonesia tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang berdaya saing tinggi namun juga mampu mengembangkan pertumbuhan daerah serta pemberdayaan masyarakat. Ciri utama pertanian modern adalah produktivitas, efisiensi, mutu dan kontinuitas pasokan yang terus menerus harus selalu meningkat dan terpelihara. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu meringankan kegiatan penyiraman dan pemupukan tanaman yang dapat bekerja secara otomatis. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem otomatis penyiraman dan pemupukan tanaman secara teratur. Sistem ini dapat mengontrol dan memantau informasi data dari sensor melalui aplikasi smart plant yang telah diinstal pada smartphone yang sudah tersambung Internet. Sistem penyiraman dan pemupukan ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU, pompa air DC yang digunakan untuk menyiram dan memberi pupuk cair secara otomatis, sensor YL-69 untuk mengetahui nilai kelembaban tanah, serta RTC sebagai pewaktu berdasarkan kondisi yang telah dikonfigurasikan oleh mikrokontroler. Hasi uji coba sistem dapat melakukan penyiraman dan pemupukan secara otomatis serta dilengkapi dengan aplikasi untuk memonitor waktu dan kelembaban melalui internet.
Keywords
android; Internet of Things; mikrokontroler NodeMCU; MQTT; wifi
References

Anonim. 2018. Liquid Crystal Display (LCD). [diakses 2018 Juni 15].

Ayuninghemi, R., Surateno, Pamungkas WA. 2017. Sistem otomatis penyiraman dan pemupukan tanaman cabai rawit pada greenhouse berbasis mikrokontroler. Di dalam: Peningkatan Pendidikan MIPA dan Teknologi untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan [Internet]; Pontianak, Indonesia, Oktober 2017. Depok (ID): Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI. hlm 331-336 [diakses 2018 Juni 2].

Gunawan, Sari M. 2018. Rancang bangun alat penyiram tanaman otomatis menggunakan sensor kelembaban tanah. J. Electrical Technology. 3(1): 13-17.

Nasrullah, E., Trisanto, A., Utami, L. 2011. Rancang bangun sistem penyiraman tanaman secara otomatis menggunakan sensor suhu lm35 berbasis mikrokontroler atmega8535. J. Rekayasa dan Teknologi Elektro. 5(3): 182-192.

Pamungkas, HY., Puspita, E & Taufiqurrahman. 2011. Alat monitoring kelembaban tanah dalam pot berbasis mikrokontroler ATMega168 dengan tampilan output pada situs jejaring sosial Twitter untuk pembudidaya dan penjual tanaman hias Anthurium. [diakses 2018 Juni 3].

Sirait, AC. 2018. ‘Penyiram Tanaman Otomatis Pada Pot Bunga dengan Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler Atmega 328’. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Medan. [diakses 2018 Juni 27].

Ratnawati, Silma. 2017. Sistem kendali penyiram tanaman menggunakan propeller berbasis internet of things. J. Inspiraton. 7(2): 143-154.

Setiawan, Y. 2017. ‘Rancang bangun pemantauan dan penjadwalan alat pemberi pakan ikan otomatis secara jarak jauh’. Skripsi, Stikom. Surabaya. [diakses 2018 Juni 20].

Safaat, Nazaruddin, H. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika.

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Prodi Sistem Komputer

Information
PDF
4935 times PDF : 2525 times