SISTEM INFORMASI PENGENALAN WAHANA AGROECOEDUTOURISM GUNADARMA TECHNOPARK CIKALONG BERBASIS KODE QR

Herik Sugeru
Universitas Gunadarma
Indonesia
Novrina Novrina
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Gunadarma Technopark (GTP) merupakan taman teknologi terpadu yang bersifat holistik integratif yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma, yang berlokasi di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. GTP merupakan tempat yang di dalamnya terdapat objek-objek untuk implementasi Tridarma Perguruan Tinggi. Untuk memudahkan pengunjung atau pengguna dalam mendapatkan deskripsi dan informasi mengenai wahana agroecoedutourism yang ada di Gunadarma Technopark maka perlu dibuat suatu sistem informasi yang menunjang kegiatan agroecoedutourism yang ada di GTP. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi dengan penanda kode QR untuk smartphone. Penelitian dilakukan dengan membuat kode QR dan hasil pemindaian kode QR akan memberikan link database untuk membuka deskripsi dan informasi objek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik. Pemindaian memberikan hasil yang baik untuk jarak pemindaian ± 5 cm hingga ± 45 cm dengan waktu pemindaian berkisar antara ±1-3 detik. Kode QR dapat dipindai jika bentuknya utuh 100% dan lingkungan pemindaian mendapatkan cukup cahaya yaitu dengan intensitas cahaya 50–12.500 lux. Sistem ini sangat mudah dan membantu pengguna untuk memperoleh deskripsi dan informasi wahana agroecoedutourism GTP dan dapat berfungsi dengan baik pada berbagai tipe smartphone yang dicobakan.
Keywords
agroecoedutourism; Gunadarma Technopark; Kode QR
References

Cianciarulo, D. 2015. From Local Traditions to "Augmented Reality". The MUVIG Museum of Viggiano (Italy). Procedia-Social and Beha-vioral Sciences 188: 138-143.

Lorenzi, D., Vaidya, J., Chun, S., Shafiq, B., Atluri, V. 2014. Enhancing the Government Service Experience Through QR Codes on Mobile Platforms. Government Information Quarterly 31(2014), 6-16.

Pressman, RS. 2010. Software Engineer-ing: a practitioner’s approach. McGraw-Hill, New York.

Sugiantoro, B., Hasan, F., 2015. Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Telematika. 12(2):134-145.

Supriyono, H., Kurniawan, A., Rakhmadi, A. 2013. Perancangan dan Pembuatan Sistem Pintu Otomatis Menggunakan Barcode. KomuniTi, 5(1):17-23.

Welch, D., Libby, A., Lambert EL., Gill, J., Euers D. 2015. Methods and Systems For Using Two-Dimensional Matrix Codes Associated With Panel Component And Equipment Information And Quality Control. US Patent 8,936,194 B1.

Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknik Infomatika

Information
PDF
333 times PDF : 228 times