STUDI EFEKTIVITAS SISTEM OLAH TANAH DAN TEKNIK PENGENDALIAN GULMA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI GOGO (Oryza sativa L.) DI LAHAN KERING

Kamalludin Kamalludin
Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia
Slamet Abadi
Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia
Darso Sugiono
Universitas Singaperbangsa Karawang
Indonesia

Abstract
Lahan kering dapat dijadikan salah satu solusi dalam meningkatkan produksi padi. Permasalahan dari lahan kering tersebut adalah gulma. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengontrol gulma adalah olah tanah dan pemberian herbisida. Penelitian ini bertujuan memperoleh sistem pengendalian gulma dan teknik olah tanah terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil padi gogo di lahan kering Indramayu, Jawa Barat.Percobaan dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai bulan April 2017.Variabel pengamatan yang dilakukan meliputi data komponen hasil dan data hasil panen.Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh interaksi antara sistem olah tanah dan teknik pengendalian gulma terhadap jumlah anakan berumur 60 hari setelah tanam (HST), tinggi tanaman pada saat panen, berat 1000 butir dan jumlah malai per rumpun. Pengendalian gulma menunjukkan pengaruh nyata terhadap tinggitanaman pada umur 30 HST dan 60 HST. Gabah per malai dan gabah giling. Perlakuan olah tanah minimum menghasilkan gabah kering tertinggi sebesar 3.69 kg/plot dan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan perlakuan sistem olah tanah sempurna (3.45 kg/petak). Teknik pengendalian gulma menghasilkan gabah kering tertinggi pada perlakuan disiangi sekalisecara manual pada umur 21 HST + herbisida pra tumbuh dengan rata-rata 4.07 kg/plot berbeda nyata untuk semua perlakuan yang lain.
Keywords
padi gogo; pengendalian gulma; sistem olah tanah
References

Antralina., M. 2012. Karakteristik Gulma dan Komponen Hasil Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.) Sistem SRI Pada Waktu Keberadaan Gulma Yang Berbeda. Universitas Bale Bandung.

Andreawan, M. K., Banuwan. I. S., Zulkarnain. I. 2015. Pengaruh Sistem Olah Tanah Terhadap Aliran Permukaan dan Erosi Pada Pertanaman Singkong Di Laboratorium Lapangan Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014. Jawa Barat Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Jawa Barat.

Djafar, Z. R. 2013. Kegiatan Agronomis untuk Meningkatkan Potensi Lahan Lebak menjadi Sumber Pangan. Jurnal Lahan Suboptimal 2 (1), 60-69.

Jayasumarta. D. 2012. Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Pupuk P Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max L. Merril). Universitas Muhammadiyah. Sumatera Utara. Agrium. Oktober 2012 Volume 17 No 3.

Kastanja, A. Y. 2011. Identifikasi Jenis dan Dominasi Gulma Pada Pertanaman Padi Gogo (Studi Kasus Di Kecamatan Tobelo Barat. Kabupaten Halmahera Utara). Politeknik Perdamaian Halmahera. Pertanian Jurnal Agroforestri. 6 (1): 40 - 46.

Lestari, D. F. L., Indradewa. D,. Rogomulyo. R. 2012. Gulma Di Pertanaman Padi (Oryza sativa L.) Konvensional. Transisi. Dan Organik. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Makruf, E. 2013. Pengkajian Pengelolaan Lahan Sub Optimal Untuk Mendukung Swasembada Pangan Di Provinsi Bengkulu. Laporan akhir tahun 2013. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu.

Nazirah, L. B. S. J. Damanik. 2015. Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Padi Gogo Pada Perlakuan Pemupukan. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Noor, E. S.. Musaddad. A.. T. Nizam. 1997. Pengendalian Gulma di Lahan Pasang Surut. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Pamungkas, N. C.. Banuwa, I. S.. Kadir, M. Z. 2016. Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Pemberian Herbisida Terhadap Aliran Permukaan dan Erosi Pada Fase Generatif Tanaman Singkong (Manihot utilissima). Universitas Lampung.

Palijama, W., Riry, J., Wattimena, A.Y. 2012. Komunitas Gulma Pada Pertanaman Pala (Myristica fragrans H) Belum Menghasilkan dan Menghasilkan Di Desa Hutumuri Kota Ambon. Agrologia. 1 (2) 134 -142.

Septrina, G. 2008. ‘Pengaruh Waktu dan Cara Pengendalian Gulma Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi Hibrida (Oryza sativa L)’. Skripsi, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Solfiyeni., Chairul., Muharrami, R. 2013. Analisis Vegetasi Gulma Pada Pertanaman Jagung (Zea mays L.) Di Lahan Kering dan Lahan Sawah Di Kabupaten Pasaman. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Syam, A. 2003. Sistem Pengelolaan Lahan Kering Di Daerah Aliran Sungai Bagian Hulu. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Tjokrowardojo. A. S., Djauhariya, E. 2013. Gulma dan Pengendaliannya pada budidaya. Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang

Information
PDF
1253 times PDF : 1339 times