ANALISIS SENSITIVITAS VIDEO MPEG-4 BERDASARKAN STRUKTUR FRAME PADA TRANSMISI DVB-T

Sandy Suryo Prayogo
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Tubagus Maulana Kusuma
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

DVB merupakan standar transmisi televisi digital yang paling banyak digunakan saat ini. Unsur terpenting dari suatu proses transmisi adalah kualitas gambar dari video yang diterima setelah melalui proses transimisi tersebut. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari suatu gambar, salah satunya adalah struktur frame dari video. Pada tulisan ini dilakukan pengujian sensitifitas video MPEG-4 berdasarkan struktur frame pada transmisi DVB-T. Pengujian dilakukan menggunakan simulasi matlab dan simulink. Digunakan juga ffmpeg untuk menyediakan format dan pengaturan video akan disimulasikan. Variabel yang diubah dari video adalah bitrate dan juga group-of-pictures (GOP), sedangkan variabel yang diubah dari transmisi DVB-T adalah signal-to-noise-ratio (SNR) pada kanal AWGN di antara pengirim (Tx) dan penerima (Rx). Hasil yang diperoleh dari percobaan berupa kualitas rata-rata gambar pada video yang diukur menggunakan metode pengukuran structural-similarity-index (SSIM). Dilakukan juga pengukuran terhadap jumlah bit-error-rate BER pada bitstream DVB-T. Percobaan yang dilakukan dapat menunjukkan seberapa besar sensitifitas bitrate dan GOP dari video pada transmisi DVB-T dengan kesimpulan semakin besar bitrate maka akan semakin buruk nilai kualitas gambarnya, dan semakin kecil nilai GOP maka akan semakin baik nilai kualitasnya.  Penilitian diharapkan dapat dikembangkan menggunakan deep learning untuk memperoleh frame struktur yang tepat di kondisi-kondisi tertentu dalam proses transmisi televisi digital.

Keywords
DVB-T; MPEG-4; Bitrate; Group-of-pictures (GOP); Structural-Similarity-Index-Measurement (SSIM)
References

DTVstatus, “Digital broadcasting systems for terrestial television 2015,” DTVstatus, 2015. [Daring]. Tersedia: http://en.dtvstatus.net/. [Diakses: 20 April 2020].

Menkominfo, “Indonesia mulai masuk era tv digital,” Menkominfo, 2015. [Daring]. Tersedia: https://kominfo.go.id/content/detail/3400/indonesia-mulai-masuki-era-tv-digital/0/sorotan_media. [Diakses: 20 April 2020].

M. Uhrina dan M. Vaculík, “The impact of bitrate and packet loss on the video quality of H.264/AVC compression standard,” Dalam Proc. 38th International Conference on Telecommunications and Signal Processing (TSP), 2015.

T. M. Kusuma, R. Rahmanto dan E. Haryatmi, “Adaptive power link adaptation on DVB-T system based on picture quality feedback,” International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), vol. 9, no. 4, Agustus, hal.3121-3129, 2019.

M.I. Iqbal dan H. J. Zepernick, “Error sensitivity analysis of DMB transport streams,” IEEE Access, vol. 7, 2019.

M. Elsharief, A. Zekry and M. Abouelatta, “Implementing a standard DVB-T system using MATLAB Simulink”, International Journal of Computer Applications, vol. 98, no. 5, Juli, hal. 27-32, 2014.

Bitmovin, “Video Developer Report 2019,” bitmovin.com. [Daring]. Tersedia:https://go.bitmovin.com/video-developer-report-2019. [Diakses: 25 April 2020].

S. Bilodeau, “Delivering 8K using AVC/H.264,”mysterybox.us, April 5, 2017. [Daring]. Tersedia: https://www.mysterybox.us/blog/2017/2/21/delivering-8k-using-avch264. [Diakses: 25 April 2020].

DVB Document A125, “Support for use of the DVB Scrambling Algorithm version 3 within digital broadcasting systems,” dvb.org, July, 2008. [Daring].Tersedia:https://dvb.org/?standard=support-for-use-of-the-dvb scrambling-algorithm-version-3-within-digital-broadcasting-systems. [Diakses: 26 April 2020].

Apple Support, “MPEG-2 Reference Information”, apple.com, 2017. [Daring].Tersedia:https://help.apple.com/compressor/mac/4.0/en/compressor/usermanual/#chapter=18%26section=5. [Diakses: 25 April 2020].

T. Samajdar dan I. Quraishi, “Analysis and evaluation of image quality metrics,” Dalam Information Systems Design and Intelligent Applications. Advances in Intelligent Systems and Computing, J. Mandal, S. Satapathy, M. S. Kumar, P. Sarkar, A. Mukhopadhyay, Eds. New Delhi: Springer, 2015, hal. 369-378

Information
PDF
356 times PDF : 549 times