RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING RENCANA STRATEGIS BISNIS BANK X MENGGUNAKAN METODE RAD

Dimas Nugeroho
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Pencapaian target bisnis sering terlambat diterima oleh pemegang keputusan strategis yang disebabkan ada permasalahan pada proses End Of Day ataupun End Of Month Core Banking System yang bermasalah. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya potensi pendapatan maupun peluang bisnis yang membutuhkan keputusan strategis dengan waktu yang singkat. Salah satu cara yang dapat membantu untuk memberikan informasi laporan keuangan dan progress pencapaian target bisnis yang dapat diterima oleh pemegang keputusan strategis secara realtime yaitu dengan membuat perancangan sistem informasi monitoring rencana strategis. Metode yang digunakan untuk membangun sistem informasi monitoring rencana strategis adalah RAD (Rapid Application Development). Sistem informasi telah diuji coba secara black box dan semua fungsi pada aplikasi telah berjalan dengan baik.
Keywords
Monitoring; Bisnis Bank; Metode RAD (Rapid Application Development); Perencanaan Strategis
References

J. Hartono, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

R. Trimahardhika, E. Sutinah, “Penggunaan Metode Rapid Application Development Dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan”, Jurnal Informatika, Vol.4 No.2, September 2017.

I Dewa Ayu Eka Yuliani, S. Kosasi. “Penerapan Rapid Application Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online”, Jurnal SIMETRIS, Vol. 6, No. 1, 2015.

S. Aswati, Y. Siagian. “Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan)”. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 1 Nopember 2016.

Kendall, J.E. & Kendall, K.E., Analisis dan Perancangan Sistem, Jakarta: Indeks, 2010.

A.S Rosa dan Salahuddin M., Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung: Modula, 2011.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma

Information
PDF
757 times PDF : 1190 times