PERANCANGAN UI/UX E-LEARNING PADA WEBSITE PERPUSKITA PT. TIGA SERANGKAI SURAKARTA DENGAN METODE DESIGN THINKING

Tubagus Agni Assiddiq Athoillah
STMIK Sinar Nusantara
Indonesia
Sri Siswanti
orcid
STMIK Sinar Nusantara
Indonesia
Erfan Zaenuddin
PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Indonesia

DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2024.v29i3.13174

Article Submitted: 10 December 2024

Article Published: 31 December 2024

Abstract

Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada platform e-learning memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang efektif, interaktif, dan menyenangkan bagi pengguna. Tujuan penlitian adalah membuat perancangan UI/UX pada website e-learning PerpusKita PT Tiga Serangkai menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap empathize dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara dan survei. Tahap define memfokuskan pada perumusan masalah utama yang dihadapi pengguna. Pada tahap ideate, berbagai ide dan solusi desain diusulkan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Prototipe UI/UX dikembangkan menggunakan tools Figma dan test untuk mengevaluasi efektivitas serta kenyamanan desain yang dihasilkan menggunakan fitur present pada Figma. Fasilitas yang dihasilan dalam perancangan ini adalah menu page e-learning, menu profile, fitur langganan, fitur quizz dan notifikasi & contact us. Hasil pengujian fungsional dengan metode Black Box, adalah perancangan UI/UX E-Learning PerpusKita sudah sesuai dengan skenario. Berdasarkan pengujian usability dengan SUS, maka hasilnya adalah nilai rata-rata 80 pada grade B dengan rating Good.  Hasil tersebut bahwa desain UI/UX e-learning PerpusKita tidak memiliki masalah dalam usability desain e-learning.

Keywords
Desain Thinking;Desain UI/UX; E-learning; PerpusKita; PT Tiga Serangkai
References

A. A. Chairunnisa, S. Widodo, and N. W. A. Majid, “Perancangan Desain Ui/Ux Sistem E-Learning Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2024, doi: 10.24076/joism.2024v6i1.1632.

B. Warsuta, A. T. Muharram, I. Yusdisti, and S. A. Jasmine, “Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning di Politeknik Negeri Jakarta,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 2, pp. 93–97, 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i2.434.

I. F. Ramadhan and A. S. Aji, “Enhancing Repository Application UI/UX through Design Thinking Methodology,” JSRET (Journal Sci. Res. Educ. Technol., vol. 3, no. 4, pp. 1540–1550, 2024.

S. Tazkiyah and A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 72–78, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.513.

Y. S. Purbo, F. S. Utomo, and Y. Purwati, “Analisis dan Perancangan Antarmuka Aplikasi Wisata Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. Teknol. Terpadu, vol. 9, no. 2, pp. 123–132, 2023, doi: 10.54914/jtt.v9i2.977.

A. Mustajib and I. Kurniawati, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Rancang Bangun UI/UX Pada Website Rumah Sakit Pusdikkes Puskesad Menggunakan Figma,” JoMMiT J. Multi Media dan IT, vol. 7, no. 1, pp. 048–057, 2023, doi: 10.46961/jommit.v7i1.805.

H. K. Gulo, I. Jaelani, and M. G. Resmi, “Perancangan UI/UX Fitur Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi ABC Reload Menggunakan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 225–235, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1096.

F. Juansyah and D. R. Indah, “Application of Design Thinking Method in Redesigning the Ui/Ux of Simak (Academic Information System) of Sriwijaya University Based on a Mobile Platform,” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 8, no. 1, pp. 61–72, 2023, doi: 10.20527/jtiulm.v8i1.157.

F. Kurnianto and E. G. Wahyuni, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung,” Automata, vol. 3, no. 2, pp. 1–69, 2021, [Online]. Available:https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42600

P. N. Rizqi, I. Kaniawulan, and I. Sulistyo, “Perancangan UI/UX Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di SMAN 1 Purwakarta Menggunakan Goal Directed Design,” STORAGE – J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 191–196, 2024.

A. A. Krishnavarty, M. Defriani, and T. I. Hermanto, “UI/UX Design for Language Learning Mobile Application

*Chob Learn Thai Using the Design Thinking Method,” SinkrOn, vol. 7, no. 3, pp. 1044–1053, 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.11585.

D. R. Alamsyah, M. G. Resmi, and I. Jaelani, “Design Ui/Ux E-Learning English Mobile Using User Centered Design (Ucd) Method,” Sinkron, vol. 8, no. 4, pp. 2434–2443, 2023, doi: 10.33395/sinkron.v8i4.12727.

C. R. A. S. Surachman, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” J. TeIKa, vol. 12, no. 2, pp. 157–169, 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.

E. N. Azizah, M. G. Resmi, and S. Alam, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo),” J. Mnemon., vol. 6, no. 1, pp. 71–76, 2023, doi: 10.36040/mnemonic.v6i1.5711.

F. Amalia et al., “Implementation of Blackbox Testing on the User Interface Design of Traceability Information System Based Aplle Product Supply,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 5, pp. 853–860, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202183487.

R. A. Putri, Monograf Evaluasi Usability Microsoft Teams Menggunaan System Usability Scale, vol. 370, No.44. 2021.

Information
PDF
40 times PDF : 22 times