UJI USABILITY ASPEK EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PADA APLIKASI GOMART DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Universitas Negeri Semarang
Indonesia
Article Submitted: 01 December 2024
Article Published: 31 December 2024
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong penggunaan aplikasi mobile dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam memenuhi kebutuhan belanja harian. Salah satu inovasi di bidang ini adalah GoMart pada aplikasi Gojek, yang menawarkan layanan quick commerce dengan mengandalkan kecepatan dalam pengiriman pesanan. Antarmuka pengguna dalam suatu aplikasi sangat penting dalam menciptakan dan meningkatkan pengalaman pengguna, terutama untuk platform quick commerce Gomart pada Gojek. Evaluasi kegunaan menjadi kunci dalam menilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan penggunanya saat menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek usability GoMart pada aplikasi Gojek menggunakan metode Cognitive Walkthrough. Cognitive Walkthrough adalah metode pengujian kegunaan fitur-fitur pada aplikasi dengan cara pengulasan melalui tugas dari sudut pandang pengguna baru. Analisis dilakukan pada tugas-tugas utama seperti pencarian produk, pengaturan Lokasi, dan pemrosesan checkout. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun GoMart memiliki fungsionalitas yang baik, terdapat beberapa masalah pada visibilitas status sistem, kelainan, dan kurangnya kemudahan navigasi penggunaan yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, pengembang perlu meningkatkan kegunaan dari antarmuka aplikasi Gomat pada Gojek sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu platform belanja berani terkemuka di Indonesia.
Keywords
References
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Uzir, Md. U. H., Al Halbusi, H., Thurasamy, R., Thiam Hock, R. L., Aljaberi, M. A., Hasan, N., & Hamid, M. (2021). The effects of service quality, perceived value and trust in home delivery service personnel on customer satisfaction: Evidence from a developing country. Journal of Retailing and Consumer Services, 63, 102721. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102721
Jakmin. (2022, June 2). Orang-Orang belanja kebutuhan rumah tangga di sini, Loh! Retrieved October 6, 2024, from Jakpat Responden Info website: https://jakpat.net/info/orang-orang-belanja-kebutuhan-rumah-tangga-di-sini-loh/
Samsukha, A. (2022, April 22). Quick commerce: An ever-changing e-commerce prospect. Forbes. https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2022/04/22/quick-commerce-an-ever-changing-e-commerce-prospect/?sh=371fa4d51476
Syarqim Mahfudz, M., Agusti, F., Az Zahra, S., & Rahma Dhini, B. (2022). HEURISTIC EVALUATION ANALYSIS USING THE 10 NIELSEN RULE USABILITY METHOD ON THE KAI ACCESS APPLICATION. Proceeding of International Conference on Science, Health, And Technology, 325–337. https://doi.org/10.47701/icohetech.v3i1.2154
Jimenez, C., Rusu, C., Roncagliolo, S., Inostroza, R., & Rusu, V. (2012). Evaluating a methodology to establish usability heuristics. 2012 31st International Conference of the Chilean Computer Science Society, 51–59. IEEE. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1109/sccc.2012.14
Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3110–3117.
Ginting, L. M., Sianturi, G., & Panjaitan, C. V. (2021). Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(2), 146–157. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i2.5480
Arroofi, M., Kusumah, A., Rokhmawati, R. I., & Amalia, F. (2019). Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS) (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Defriani, M., Gito Resmi, M., & Jaelani, I. (2021). UJI USABILITY DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA SITUS WEB STT WASTUKANCANA USABILITY TEST USING COGNITIVE WALKTHROUGH AND SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) METHODS ON STT WASTUKANCANA WEBSITE. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(1).
Mahatody, T., Sagar, M., & Kolski, C. (2010b). State of the art on the cognitive walkthrough method, its variants and evolutions. International Journal of Human-Computer Interaction, 26(8), 741–785. https://doi.org/10.1080/10447311003781409
Raharjo, P., Ananta Kusuma, W., & Sukoco, H. (2016). UJI USABILITY DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH PADA SITUS WEB PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. In Jurnal Pustakawan Indonesia (Vol. 15, Issue 1).
Putri, A. A., Rifky, M., Susanto, N., Azhari, M. A., & Maghfiroh, L. R. (2021). Uji Kegunaan Perangkat Lunak menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Studi Kasus Web Forum PKL 60 Politeknik Statistika STIS (Software Usability Testing using Cognitive Walkthrough: A Case Study of PKL 60 Politeknik Statistika STIS Web Forum). In Seminar Nasional Official Statistics.
Nooriza, R. (2022). Uji Usability Pada Situs Web E-Learning Untuk UMKM Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough (Studi Kasus: Startup Sosial LatihID). Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 5(2). www.latihid.com.
Al-Sa’di, A., & McPhee, C. C. A. (2021). User-Centred Design in Educational Applications: A systematic literature review. Proceedings - 2021 International Conference Engineering Technologies and Computer Science, EnT 2021, 105–111. https://doi.org/10.1109/EnT52731.2021.00025