ANALISIS ANTRIAN LOKET KARClS TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DKI JAKARTA

Agus Sri Iswiyanti, Hotniar Siringoringo

Abstract


Antrian merupakan suatu fenomena yang dihadapi pelanggan pada industri jasa. Antrian tidak dikehendaki
oleh pelanggan maupun penyedia jasa. Pelanggan menilai waktunya cukup berharga, sehingga mereka
mungkin akan memilih melakukan perjalanan yang lebih jauh atau mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk
mendapatkan pelayanan yang tidak menyebabkan antrian yang panjang. Tidak jarang juga ditemukan
pelanggan membatalkan niatnya bergabung dengan antrian dan tidak pernah kembali karena menemukan
antrian cukup panjang.
Kehilangan pelanggan tentunya tidak diinginkan oleh penyedia jasa; tetapi memenuhi keinginan pelanggan
mengantri sesingkat mungkin atau bahkan tidak perlu mengantri, bisa merugikan penyedia jasa.
Meminimumkan waktu mengantri sering mengakibatkan penambahan investasi dan biaya operasional.
Keinginan pelanggan dan tujuan penyedia jasa mendapatkan keuntungan kelihatannya saling bertolak
belakang. Teori antrian dapat digunakan untuk mengevaluasi fenomena antrian dari sudut pandang pelanggan
dan penyedia jasa, sehingga akan dihasilkan solusi optimal. Penyedia jasa masih memperoleh untung dan
pelanggan tidak mengeluhkan waktu mengantri yang lama.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antrian yang terjadi dan menentukan jumlah loket optimal pada
hari libur dan hari biasa baik secara teknis maupun secara ekonomis. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengamati dan mencatat antrian yang terjadi baik pada hari kerja maupun pada hari libur. Adapun medote
yang digunakan adalah saluran banyak fase tunggal. Model antriannya adalah M/M/S/I/I. Berdasarkan.
pengamatan yang dilakukan, pada hari biasa pihak manajemen cukup mengoperasikan 3 loket, karena
pengunjung biasanya tidak terlalu banyak. Pada hari libur pihak Taman Margasatwa Ragunan sebaiknya
mengoperasikan 11 loket karena bila dioperasikan 10 loket akan terjadi antrian yang panjang. Menggunakan
11 loket, tingkat kegunaan karyawan sebesar 88.45%, rata-rata pengunjung dalam antrian sebesar 6
pengunjung, rata-rata pengunjung dalam sistem sebesar 15, waktu rata-rata dalam antrian sebesar 8 detik dan
waktu rata-rata dalam sistem sebesar 23 detik. Biaya total mengoperasikan 11 loket juga lebih kecil
dibandingkan jika mengoperasikan 10 loket.
Kata Kunci : Pelanggan, Server, Kinerja sistem

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.