Aplikasi Teori Permainan Dalam Budaya Bisnis

Thomas J Kakiay, Hotniar Siringoringo

Abstract


Budaya dalam bisnis merupakan hal yang abstrak dan sering sulit dikuantifikasikan. Pengusaha ada yang berani mengambil resiko (optimistik) tapi ada juga yang bersifat pesimistik. Pengusaha ada juga yang dengan setia menjaga rambu-rambu persaingan, tapi tidak sedikit juga yang melakukan kecurangan. Salah satu aplikasi model matematik yang layak dipertimbangkan untuk memodelkan budaya dalam bisnis ini adalah teori permainan. Dalam teori permainan, pelaku bisnis dipertimbangkan sebagai lawan yang memilii kecerdasan seperti kecerdasan yang dimiliki oleh pelaku bisnis lainnya. Permainan pada budaya bisnis bisa menjadi permainan dengan total perolehan sama dengan nol (zero sum game) dan permainan dengan total perolehan tidak sama dengan nol. Persaingan murni merupakan permainan dengan total nilai nol sedangkan kolaborasi, baik kerja sama penuh maupun koopetisi merupakan permainan yang tidak mempunyai total nilai nol.

 

Kata kunci : pemain, perolehan, strategi, persaingan, kolaborasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.