HUBUNGAN VOLUME-HARGA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN
Abstract
The objective of this article is to study and analyze the relationship between stock trade volume and price. This study is a case study on food and beverage companies stock which are traded in Indonesian Stock Exchange. In order to achieve the goal of this paper, we analyze volume and stock price which was collected weekly during in year 2004-2009. The relationship was analyzed using regression technique. Result show that there’s significant influence of stock price on stock trading volume with one month spectral. As well as results show that stock trading volume influence stock price. Food and beverage companies stocks are following non-linear Granger causal relationship.Keywords: Price momentum, stock price, trading volume
AbstrakArtikel ini dimaksudkan untuk membahas dan mempelajari hubungan volume dan harga pada saham perusahaan makanan dan minuman di pasar saham Indonesia. Data yang digunakan adalah volume dan harga saham mingguan selama periode tahun 2004 sampai tahun 2009. Analisis dilakukan menggunakan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembalian mempengaruhi volume perdagangan saham jika pengembalian dihitung menggunakan harga penutupan perdagangan saham mingguan untuk spektral 1 bulan. Demikian juga untuk model pengaruh volume perdagangan terhadap harga saham, hubungan signifikan hanya ditemukan untuk spektral 1 bulan hubungan ini adalah hubungan tidak linear Granger.Kata Kunci: Momentum harga, perusahaan makanan dan minuman, investasi, saham
AbstrakArtikel ini dimaksudkan untuk membahas dan mempelajari hubungan volume dan harga pada saham perusahaan makanan dan minuman di pasar saham Indonesia. Data yang digunakan adalah volume dan harga saham mingguan selama periode tahun 2004 sampai tahun 2009. Analisis dilakukan menggunakan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembalian mempengaruhi volume perdagangan saham jika pengembalian dihitung menggunakan harga penutupan perdagangan saham mingguan untuk spektral 1 bulan. Demikian juga untuk model pengaruh volume perdagangan terhadap harga saham, hubungan signifikan hanya ditemukan untuk spektral 1 bulan hubungan ini adalah hubungan tidak linear Granger.Kata Kunci: Momentum harga, perusahaan makanan dan minuman, investasi, saham