PENGARUH KEBIJAKAN TARIF, IKLAN, DAN PROSES PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOM FLEXI PASCA BAYAR (Suatu Studi Pada Plasa Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Bandung)
Waseso Segoro
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Nandan Limakrisna
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Abstract
Sampai dengan tahun 2006 jumlah pelanggan TELKOM pertumbuhannya terus meningkat, namun khusus pada produk Telkom Flexi Classy (pasca bayar) memiliki pangsa pasar yang relatif masih rendah dibandingkan jasa telekomunikasi lainnya, seperti XL, Satelindo, dan Telkomsel. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh kebijakan tarif, iklan, dan proses pelayanan pada Telkom Flexi pasca bayar terhadap loyalitas pelanggan Telkom Flexi Classy. Sampel diambil sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan tarif, iklan, dan proses pelayanan ditanggapi positif oleh pelanggan Telkom Flexi Pascabayar. Kebijakan tarif, iklan, dan proses berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Telkom Flexi Pascabayar.