PROSEDUR PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBERIAN BOS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN)
Agustin Rusiana Sari
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Budi Prijanto
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Agnes Dwihardini
Gunadarma University
Indonesia
Gunadarma University
Indonesia
Abstract
Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun. Program BOS bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis prosedur Program BOS dan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan orang tua siswa atas pemberian Program BOS pada SDN di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif untuk pembahasan mengenai prosedur Program BOS, sedangkan pengukuran tingkat kepuasan orang tua siswa menggunakan analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja (Importance-Performance Analysis). Operasionalisasi analisis ini secara prinsip adalah dengan cara membandingkan antara tingkat pelaksanaan dengan tingkat kepentingan/harapan dan kemudian digambarkan dalam diagram Kartesius Kuesioner disebar kepada 150 responden menggunakan teknik pengambilan sampel acak dengan cara random sampling. Peneliti membagi kuesioner secara proporsional berdasarkan jumlah siswa SD Negeri di 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa prosedur Program BOS sudah sesuai dengan pedoman yang ditentukan dan orang tua siswa SD Negeri di Kota Bekasi sangat puas dengan pemberian BOS yang ditunjukkan dengan rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat pelaksanaan dan kepentingan/harapan berada di atas 100 %.