PERAN USAHA MAJU SUKSES BERSAMA (MSB) DALAM MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI INKLUSIF
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
Indonesia
Abstract
UMKM memiliki peranan penting dalam perkembangan perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja. Proporsinya sebesar 99.99% dari keseluruhan pelaku usaha yang ada di Indonesia, hal tersebut menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, sehingga berperan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia (Bank Indonesia, 2015). Di era digital saat ini UMKM dituntut untuk bisa memanfaatkan peluang ekonomi dan meningkatkan daya saing. Penelitian ini menganalisis bagaimana peran sebuah UMKM berbasis digital yang bernama Maju Sukses Bersama (MSB) dalam mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif. Pendekatan yang digunakan yaitu konsep Sustainable Development Goals (SDGs), dari tujuh belas tujuan SDGs, hanya empat yang menjadi konsep penelitian ini. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara di Toko MSB, Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan MSB berpotensi untuk dikembangkan dan dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi inklusif di Kota Salatiga. Meskipun belum sepenuhnya tercapai, namun MSB sudah mampu mengarah pada pertumbuhan ekonomi inklusif. MSB mampu berinovasi, meningkatkan peran industri dan pemanfaatan teknologi digital, menciptakan lapangan kerja yang layak. Namun banyak stakeholder yang terlibat hanya dari dalam Kota Salatiga dan peran perempuan masih terlalu rendah. Sehingga MSB belum mampu mengentaskan kesenjangan antar wilayah, dibutuhkan pengembangan ke luar Salatiga, agar dampak positif MSB juga dapat dirasakan wilayah lain.
Keywords
References
Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani. (2017). E-Umkm: Aplikasi pemasaran produk UMKM berbasis Android sebagai strategi meningkatkan perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF Ke-4, 1, 11–16. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1238/857
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/195
Balai Statistik Daerah (BAPPEDA DIY) dan Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2016). Analisis pertumbuhan ekonomi inklusif Daerah Istimewa Yogyakarta 2011-2015. In E. N. Afifah & Y. S. Susilo (Eds.), Laporan Akhir BAPPEDA DIY (2011th–2025th ed.). Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwivhMHlu93pAhWMA3IKHf4nACEQFjAGegQIBxAB&url=http%3A%2F%2Fbappeda.jogjaprov.go.id%2Fdataku%2Fpublikasi%2Fdownload%2F20&usg=AOvVaw3tcrKAo38reKYKYa9LQd7K
Bank Indonesia. (2011). UMKM sehat bikin ekonomi kuat. Bank Indonesia, pp. 1–8. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&ved=2ahUKEwiA7dT-r_XjAhVGSX0KHZxvDkAQFjAGegQIBRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.bi.go.id%2Fid%2Fpublikasi%2Fgerai-info%2FDocuments%2F2817f2a2ea1d430483e14bff0a3b1134GIed13_apr2011_low.pdf&usg=AOvVaw0
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. Retrieved from https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/viewFile/175/128
Fitriono, R. A. (2008). Kebijakan formulasi hukum pidana dalam melindungi transaksi e-commerce di Indonesia. Jurnal Law Reform, 6 No 1. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=17&ved=2ahUKEwj80-Kat_XjAhViH7cAHQUhDGUQFjAQegQIAxAC&url=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F108424-ID-none.pdf&usg=AOvVaw2jL3E8esZBkinhQETtIgF9
Ishartono, & Raharjo, S. T. (2015). Sustainable Development Goals (SDGs) dan pengentasan kemiskinan. Social Work Jurnal, 6, 154–272. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwjP0YDD48XnAhV4_XMBHdVGAVUQFjAAegQIAhAB&url=http%3A%2F%2Fjurnal.unpad.ac.id%2Fshare%2Farticle%2Fdownload%2F13198%2F6032&usg=AOvVaw0CIz-NwX3TvW8815z5r25o
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (2017). Data UMKM. Retrieved from http://www.depkop.go.id/data-umkm
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 (Vol. 1). Retrieved from https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/dokumen-perencanaan-dan-pelaksanaan/dokumen-rencana-pembangunan-nasional/rpjp-2005-2025/rpjmn-2015-2019/
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2018). Jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Databoks, 1. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/05/18/2018-jumlah-penduduk-indonesia-mencapai-265-juta-jiwa
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2019). IDF 2019: Modernisasi UMKM atasi permasalahan masyarakat, bantu perekonomian Nasional. Kementerian PPN/Bappenas, 1. Retrieved from https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/idf-2019-modernisasi-umkm-atasi-permasalahan-masyarakat-bantu-perekonomian-nasional/
Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). Retrieved from http://ojs.ekonomiunkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/175/pdf
Lie, L., & Kis, I. (2008). Mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan program  program berbasis Knowledge Management. Dinamika Ekonomi, 1(1), 11–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/24484-ID-mendorong-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-dengan-program-program-berb.pdf
Ling, A. (2013). Pengelolaan dan pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi deskriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA, 1(1), 1-8.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, & Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018). Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Koordinasi, Perencanaan, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Retrieved from http://sdgs.bappenas.go.id/kerangka-hukum-koordinasi-pemantauan-evaluasi-dan-pelaporan-pelaksanaan-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-tpbsdgs-permen-ppnkepala-bappenas-no-72018/
Publikasi dan Media Kementerian Pemberdayaan Perempuan, & dan Perlindungan Anak. (2019, October). Papua New Guinea belajar pemberdayaan ekonomi perempuan dari Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–2. Retrieved from https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2377/papua-new-guinea-belajar-pemberdayaan-ekonomi-perempuan-dari-indonesia
Putriana. (2012). Strategi penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol 15(2). Retrieved from http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/235
Saleh, B & Hadiyat, Y. D. (2016). Penggunaan teknologi informasi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur). Pekommas, 1(2), 141–152. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222344-none-bcda91dc.pdf
Sasana, H. (2009). Analisis dampak pertumbuhan ekonomi, kesenjangan antar daerah dan tenaga kerja terserap terhadap kesejahteraan di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 16(1), 50- 69.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pub. L. No. 20, Otoritas Jasa Keuangan (2008). Retrieved from https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx
Soleh, A., & Darwanto. (2012). Kontribusi dan daya saing ekspor sektor unggulan dalam perekonomian Jawa Tengah. Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jme/article/view/145
Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 26(1), 59–76. https://doi.org/10.14203/jep.26.1.2018.59-76
Wulansari, N., Wahyu, & Kurniawan, Y. (2017). Akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sinergi UMKM dan good governance di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 262–268. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/6719/4875/