PENGARUH IKLAN, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES (STUDI KASUS MAHASISWA/I UNIVERSITAS GUNADARMA, DEPOK)
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Indonesia
Abstract
Iklan merupakan bagian untuk memenuhi fungsi pemasaran di mana iklan tidak sekedar memberikan informasi kepada khalayak tetapi juga ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Citra merek merupakan respresentasi keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu sendiri. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Kepercayaan merek adalah penilaian terhadap keandalan dari sudut pandang pelanggan atau mengarah pada tahapan transaksi atau interaksi yang dicirikan oleh terpenuhinya harapan kinerja produk handphone dan tercapainya kepuasan. Dengan adanya iklan, citra merek, dan kepercayaan merek, maka konsumen dapat melakukan pembelian karena minat beli berasal dari pencarian informasi terkait pengetahuan dan manfaat. Objek penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Gunadarma, Depok. Data yang diperoleh berasal dari hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada mahasiswa/i Universitas Gunadarma, Depok dengan teknik pengambilan sampel adalah aksidental sampling. Metode yang digunakan diantaranya adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hepotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel iklan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.
Kata kunci : Iklan, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Minat Beli Konsumen, .