EDUKASI PENGUATAN BISNIS DAN KEUANGAN BERBASIS WEB UNTUK USAHA TERNAK LELE “FAD” DI KOTA DEPOK, JAWA BARAT

Ditiya Himawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dyah Mieta Setyawati
Universitas Gunadarma
Indonesia
Tri Kusuma Wardani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan meningkatkan pengetahuan Kelompok Perusahaan Ritel Mandiri tentang SAK EMKM (Entitas Mikro Kecil dan Menengah) untuk memperbaiki manajemen bisnis dan pencatatan keuangan hasil usaha. Pencatatan keuangan berbasis teknologi, khususnya dengan Microsoft Office Excel, digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peningkatan pengetahuan tentang pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM menginspirasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang lebih kreatif, partisipatif, dan komprehensif. Pendampingan dan monitoring berkembang dengan pendekatan digital, memberikan pengalaman berharga dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM meningkatkan akurasi, validitas, dan kepercayaan dalam pencatatan keuangan. Kelompok Perusahaan Ritel Independen, khususnya "Toko Mia"  terlibat dalam pengabdian ini. Sasaran utama dari kegiatan adalah menciptakan aplikasi pencatatan keuangan yang sederhana, praktis, dan efektif dengan Microsoft Office Excel. Ini bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat umum, terutama kelompok Perusahaan Retail Independen seperti toko kelontong. Pemilik bisnis dapat mengelola usaha mereka sesuai dengan potensi sumber daya kelompok, dengan keahlian dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Dan diharapkan kelompok Perusahaan Ritel Independen dapat mandiri dalam mengelola catatan keuangan, termasuk menghasilkan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dan mengelola arus kas yang akan membantu meningkatkan kualitas bisnis dan mempermudah proses berusaha.

Keywords
Produk Budidaya Ikan Lele (BTIL); Website; sistem informasi pemasaran
References

Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada

Indonesia. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 78-83.

Betha, S., Pohan, H. I., & Eng, I. M. (2005). Pemrograman web dengan HTML. Bandung: Informatika Bandung.

Depok.go.id. DKUM Sudah Berikan Pelatihan Bagi 545 Pelaku UMKM di Depok. (2018). URL:https://www.depok.go.id/21/05/2018/01-berita-depok/hingga-2018-dkum-sudah-berikan- pelatihan-bagi-545-pelaku-umkm-di-depok. Diunduh 6 Juni 2018

Febrian, J. (2007). Kamus komputer dan teknologi informasi. Bandung: Informatika.

Hartono, J. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.

Rahardja, U., Aini, Q., & Hardini, M. (2018). Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan. Sisfotenika, 8(2), 176-187.

Umar, H., Usman, S., & Purba, R. B. (2018). The influence of internal control and competence of human resources on village fund management and the implications on the quality of village financial reports. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(7), 1526-1531.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat.

Nwankwo, S., & Gbadamosi, A. (Eds.). (2010). Entrepreneurship marketing: principles and practice of SME marketing. Routledge.

Information
PDF
57 times PDF : 52 times
Article Tools