EDUKASI SAK EMKM PADA USAHA PENJUALAN PAKAIAN BLOK B DI PASAR SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

Putri Angie Ramadhani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan, tepatnya di Pasar Serpong. Bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pelaku UMKM terhadap SAK EMKM, yang dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan nilai-nilai masyarakat yaitu pengetahuan tentang SAK EMKM. Kegiatan layanan ini dikhususkan untuk penjual pakaian yang berlokasi di Blok B, lantai II Pasar Serpong, sebanyak 15 unit  bisnis pakaian. kuesioner cukup atau kurang paham. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis tes deskriptif menemukan bahwa tanggapan 5 responden di pasar Serpong UMKM di blok B mengenai pemahaman SAK EMKM memperoleh skor rata-rata 3,25 yang diperoleh dari rata-rata total skor pertanyaan pengukuran, klasifikasi dan penyajian laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pelaku UMKM terhadap SAK EMKM hanya pada level Cukup.

Keywords
Tingkat Pengertian; Pengusaha; SAK EMKM
References

Warsadi, K. A., Herawati, N. T., Ak, S. E., & Julianto, I. P. (2017). Penerapan penyusunan laporan keuangan pada usaha kecil menengah berbasis standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah pada PT. mama jaya. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Anisah, N., & Pujiati, L. (2018). Kesiapan usaha mikro kecil dan menengah dalam penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah untuk menunjang kinerja. JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(2)..

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.Pengertian SAK menurut beberapa ahli (https://www.scribd.com/document/341473681/Pengertian-SAK-oleh- beberapa-ahli-docx). Diunduh 01 April 2019.

Pengertian UMKM Menurut Undang-Undang, Kriteria, dan Ciri-Ciri UMKM (https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian- umkm.html) . Diunduh 01 April 2019. Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli (https://www.zonareferensi.com/pengertian-wirausaha/). Diunduh 01 April 2019.

SAK EMKM, Menilik Standar Akuntansi untuk UMKM Rancangan IAI (https://goukm.id/sak-emkm/). Diunduh 01 April 2019. Salmiah, Neneng. et al (2018). Pemahaman Pelaku UMKM Terhadap Sak EMKM : Survey Pada UMKM yang Terdaftar Di Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru. Pekanbaru Riau: Universitas Lancang Kuning.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Information
PDF
61 times PDF : 38 times
Article Tools