PKM PENINGKATAN PENGETAHUAN KELOMPOK INDEPENDENT RETAIL FIRM TENTANG SAK EMKM DALAM RANGKA PENGELOLAAN USAHA DI KELURAHAN BENCONGAN, KECAMATAN KELAPA DUA, KABUPATEN TANGERANG, PROVINSI BANTEN

Dyah Mieta Setyawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan meningkatkan pengetahuan Kelompok Perusahaan Ritel  Mandiri tentang  SAK  EMKM  (Entitas  Mikro  Kecil  dan  Menengah) untuk  memperbaiki manajemen bisnis dan pencatatan keuangan hasil usaha. Pencatatan keuangan berbasis teknologi, Microsoft Office Excel, digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peningkatan pengetahuan tentang pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM menginspirasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang lebih kreatif, partisipatif, dan komprehensif. Hasil pencatatan keuangan memberikan manfaat besar dengan meningkatkan akurasi, validitas, dan kepercayaan dalam pencatatan keuangan. Kelompok Perusahaan Ritel Independen, khususnya "Toko Mia", terlibat dalam penelitian dan pengabdian ini. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah menciptakan aplikasi pencatatan keuangan yang sederhana, praktis, dan efektif dengan Microsoft Office Excel. Ini bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat umum, terutama kelompok Perusahaan Retail Independen seperti toko kelontong. Pemilik bisnis dapat mengelola usaha sesuai dengan potensi sumber daya kelompok, dengan keahlian dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Pada akhirnya, diharapkan kelompok Perusahaan Ritel Independen dapat mandiri dalam mengelola catatan keuangan, termasuk pembuatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dan manajemen arus kas. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas bisnis dan mempermudah proses berusaha.

Keywords
catatan keuangan; SAK EMKM; Microsoft Office Excel
References

Budiman; Setyawati DM., Himawati D., Kuspriatna L (2018). Pencatatan Keuangan Bagi Perguliran Dana Mikro Pada KelompokMasyarakat di Era Disrupsi. Prosiding FMI ke 10. Palembang. 7-8 November 2018. ISBN 978-602-53291-0-4.

Diamond, J., & Khemani, P. (2005). Introducing financial management information systems in developing countries.

Handayani, B. D. (2011). Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntabilitas, 1(1).

IAI. (2016). Standar Akutansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Nash, J. F. (2003). Sistem Informasi Akuntansi I Pendekatan Manual Pratika Penyusunan

Metode dan Prosedur. Bandung: Lembaga Informatika Akuntansi.

Pipt R.A. & Justita D., (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Sentra Industri KripikTempe Sanan di Kota Malang), Jurnal JIBEKA ,Vol 12 ,No 1, pp.59 – 64

Quibria, M. G., & Tschang, T. (2001). Information and communication technology and poverty: An Asian perspective (No. 12). ADBI Research Paper Series.

Information
PDF
77 times PDF : 31 times
Article Tools