PENINGKATAN KUALITAS SDM MELALUI PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN, PEMASARAN DIGITAL, DAN MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK KOMUNITAS UMKM MANDIRI PANCORAN MAS, KOTA DEPOK

Ira Phajar Lestari
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Terdapat beberapa permasalahan struktural UMKM yang perlu diselesaikan sehingga UMKM dapat berperan lebih dalam perekonomian nasional. Permasalahan tersebut antara lain kualitas SDM UMKM di bidang manajerial dan keuangan, kualitas produksi, akses pemasaran, dan branding produk. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri Pancoran Mas (MAPAN) kota Depok untuk meningkatkan kualitas usahanya melalui peningkatan kualitas SDM dalam hal tersebut. Tahapan pertama kegiatan pengabdian masyarakat ini, pada tahun 2020-2021 telah dilakukan identifikasi permasalahan pada UMKM, apa saja kebutuhan UMKM yang perlu didukung dan dapat dibantu oleh pihak dosen dan mahasiswa. Selain itu telah dilakukan edukasi tentang pentingnya manajemen dan literasi keuangan, serta urgensi memanfaatkan platform digital. Sebagai kelanjutannya, pada tahap kedua ini, dilakukan peningkatan kualitas SDM UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha, pemanfaatan teknologi pemasaran digital dan media komunikasi pemasaran yang efektif, serta membantu UMKM dalam strategi penjualan. Berdasarkan urgensi kebutuhan akan peningkatan SDM UMKM, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk peningkatan kualitas SDM pelaku UMKM MAPAN Depok melalui Pelatihan pencatatan keuangan menggunakan excel, Visual Basic, dan aplikasi keuangan, Pengoptimalan media komunikasi pemasaran berupa foto produk, katalog, desain spanduk flyer, dan kemasan produk, Penerapan pemasaran melalui website e-commerce dan e-catalog, dan Pelatihan pemasaran digital, perizinan usaha serta sertifikasi halal, yang dilakukan pada bulan Maret 2022 hingga Agustus 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan UMKM MAPAN semakin maju, kreatif, serta adaptif terhadap perubahan ekonomi dan teknologi, sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Keywords
Aplikasi; keuangan; pemasaran; media komunikasi; UMKM
References

OECD. (2020). SME Policy Responses: Tackling Coronavirus (Covid-19) Contributing to A Global Effort.

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media. Vol. 01, No. 01, pp. 33 – 44.

Setiawan. (2020). Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak- virus-corona.

Adminkoperasi (2022). Menkop Teten Pastikan Tahun 2022 UMKM Siap Bangkit dari Pandemi. Retrieved from

https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1115/menkop-teten-pastikan-tahun-2022-umkm- siap-bangkit-dari-pandemi

Ilham, B., U. (2022) MSMEs Day 2022 : Ketahanan Dan Kebangkitan UMKM Pasca Pandemi, Retrieved from https://bisniskumkm.com/msmes-day-2022-ketahanan-dan-kebangkitan-umkm- pasca-pandemi/

Information
PDF
67 times PDF : 7 times
Article Tools