IMPLEMENTASI PERTANIAN CERDAS BERBASIS INTERNET OF THINGS DI DESA WISATA MUCILA - MUNJUL, JAKARTA TIMUR

Paranita Asnur
Universitas Gunadarma
Indonesia
Aisyah Aisyah
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rehulina Apriyanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ridwan Ridwan
Universitas Gunadarma
Indonesia
Desy Hertinsyana
Universitas Gunadarma
Indonesia
Veronika Widi Prabawasari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Thomas Yuni Gunarto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Bima Haryadi
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) dalam sistem pertanian cerdas telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas di sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem pertanian cerdas berbasis IoT pada budidaya tanaman cabai di Desa Wisata Mucila, Jakarta Timur. Metode yang digunakan meliputi survei lapangan, analisis kebutuhan, dan pengembangan sistem drip irigasi otomatis serta monitoring pertumbuhan tanaman menggunakan sensor berbasis IoT. Kegiatan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini mampu meningkatkan efisiensi penggunaan air dan pupuk, serta membantu dalam pemantauan kondisi tanaman secara real-time. Implementasi teknologi IoT dalam pertanian ini diharapkan dapat memberikan solusi praktis dan berkelanjutan dalam mengatasi tantangan-tantangan di sektor pertanian modern, serta meningkatkan kemandirian pangan bagi masyarakat setempat.Selain itu, transdisiplin ilmu dibutuhkan untuk memajukan Desa Wisata Mucila yang berbasis Smart Agriculture, salah satunya dengan cara memoderenisasi fasilitas yang ada sehingga multifungsi, menarik dan memiliki nilai jual wisata.

Keywords
Kemandirian Pangan, Modernisasi Fasilitas, Pertanian Cerdas, Smart Agriculture, Transdisiplin Ilmu
References

Cahyanto, Triawan Adi, and Retno Murwanti. 2022. “Pembinaan Budidaya Pertanian Berbasis Smart Vertical Farming Untuk Pemanfaatan Lahan Sempit Di Daerah Perumahan.” Integritas Jurnal Pengabdian.

Dwiratna, Sophia, Nurpilihan Bafdal, and Dwi Rustam Kendarto. 2018. “Uji Kinerja Sistem Fertigasi Autopot Pada Budidaya Tomat Cherry.” Indonesian Journal of Applied Sciences.

Habibi, Muhammad Afnan et al. 2021. “Rancang Bangun Sistem Monitoring Air Irigasi Berbasis Internet of Things Pada Pompa Air Bertenaga Surya.” Prosiding Senapenmas.

Husaini, Muhammad Al, Arief Zulianto, and Ashwin Sasongko. 2021. “Otomatisasi Monitoring Metode Budidaya Sistem Hidroponik Dengan Internet of Things (Iot) Berbasis Android MQTT Dan Tenaga Surya.” Jurnal Sosial Teknologi.

Husdi, Husdi. 2018. “Monitoring Kelembaban Tanah Pertanian Menggunakan Soil Moisture Sensor Fc-28 Dan Arduino Uno.” Ilkom Jurnal Ilmiah.

Khotib, Mohammad, and Sutikno Sutikno. 2019. “Prototipe Sistem Kontrol Parameter Fisik ( Suhu - Kadar Air Tanah - Kelembaban Udara ) Pada Green House Untuk Budidaya Tanaman Cabai.” Jurnal Teknik Elektro Dan Komputasi (Elkom).

Nalendra, Adimas Ketut, and M Mujiono. 2020. “Perancangan PERANCANGAN IoT (INTERNET OF THINGS) PADA SISTEM IRIGASI TANAMAN CABAI.” Generation Journal.

Pertiwi, Atit, Veronica Ernita Kristianti, Ihsan Jatnita, and Ady Daryanto. 2021. “Sistem Otomatisasi Drip Irigasi Dan Monitoring Pertumbuhan Tanaman Cabai Berbasis Internet of Things.” Sebatik.

Syafiqoh, Ummi, Sunardi Sunardi, and Anton Yudhana. 2018. “Pengembangan Wireless Sensor Network Berbasis Internet of Things Untuk Sistem Pemantauan Kualitas Air Dan Tanah Pertanian.” Jurnal Informatika Jurnal Pengembangan It.

Wahyu, Syafrima, Mohamad Syafaat, and Agnes Yuliana. 2020. “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pertumbuhan Tanaman Cabai Menggunakan Arduino Bertenaga Surya Terintegrasi Internet of Things (IoT).” Jurnal Teknologi.

Waluyo, Bakti Dwi, Ressy Dwitias Sari, Sapitri Januariyansah, and Eka Dodi Suryanto. 2021. “Penerapan Penyemprot Tanaman Elektrik Untuk Lahan Pertanian Di Desa Kuta Dame.” Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri.

Information
PDF
26 times PDF : 8 times
Article Tools