PERANCANGAN GAPURA KAMPUNG TEMATIK BUDAYA BETAWI DI KOTA DEPOK

Raudina Qisthi Pramantha
Universitas Gunadarma
Indonesia
Tamiya Miftau Saada Kasman
Universitas Gunadarma
Indonesia
Rehulina Apriyanti
Universitas Gunadarma
Indonesia
Veronika Widi Prabawasari
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yudi Nugraha Bahar
Universitas Gunadarma
Indonesia
Irina Mildawani
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kampung Tematik Budaya Betawi di Kota Depok merupakan perencanaan yang dilakukan sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat oleh dosen dari Program Studi Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Agroteknologi dan Pariwisata. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan yang telah menghasilkan sebuah desain untuk penataan kampung tematik. Penataan kampung tematik merupakan penataan dalam bentuk memperbaiki kondisi kawasan pada Gang Salamunah, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas – Kota Bogor, yang akan direncanakan sebagai Kawasan wisata budaya di Kota Depok. Desain penataan kampung tematik budaya depok dengan membuat desain gapura sebagai pintu masuk menuju Kawasan kampung tematik berperan sebagai wayfinding, demi terciptanya kejelasan image kampung tematik itu sendiri. Dalam perancangan gapura, banyak menggunakan fitur budaya Betawi sebagai bagian dari simbol dan identitas yang mudah dikenali pengamat. Perencanaan desain DED dan RAB untuk pembangunan gapura pada akhir semester PTA 2023- 2024 telah selesai dihasilkan sebagai bentuk luaran pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), dan pada awal tahun 2024 perencanaan gapura ini telah berhasil dibangun oleh pihak mitra dalam hal ini adalah Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Berwibawa bekerjasama dengan Universitas Gunadarma.

Keywords
Kampung Tematik, Kawasan Budaya, Kota Depok.
References

Cresswell, John W, 2013, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

EdyPutra, M.A. (2017) Pendampingan masyarakat daerah risiko longsor di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Faiz, M.S., Saidi, A.I., & Rudiyanto, G. (2020). Kajian Semiotika Konotasi Ornamen Betawi Gigi Balang. Jurnal Seni & Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(1), 79-86.

Jasmine, R., & Fawzi, I.L. (2022). Proses Pembentukan Kampung Tematik Di Kampung Budaya Tehyan, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Jurnal Pembangunan Manusia, 3(2), 50-60.

Lynch, K. (1960). The Image of The City. USA: The M.I.T Press.

Masterplan Kota Cerdas Kota Depok oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok tahun 2019.

Nuryanto. (2019). Buku Arsitektur Nusantara Pengantar Pemahaman Arsitektur Tradisional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, J.Lexy, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prihandoko, Akhirson, A., & Apriyanti, R. (2022). Perencanaan Penataan Kampung Tematik Budaya Depok Dengan Menerapkan Community Based Tourism (CBT). Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi, 21(2), 235-246.

Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Universitas Gunadarma. (2023). Laporan PKM Perencanaan dan Pembangunan Gapura Kampung Tematik Budaya Betawi di Kota Depok.

Information
PDF
31 times PDF : 37 times
Article Tools