SURVEY PENENTUAN TRASE JALUR KERETA API SEGMEN KRENCENG – ANYER KIDUL, KABUPATEN SERANG BANTEN

Juniarso Juniarso
Universitas Gunadarma
Indonesia
Tri Handayani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Ellysa Ellysa
Universitas Gunadarma
Indonesia
Andi Asnur Pranata
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Langkah kunci dalam perencanaan jalur kereta api yang berkelanjutan di wilayah tersebut. Dalam kegiatan ini, metode pelaksanaan survey mencakup penjadwalan waktu yang cermat, lokasi survey yang terdefinisi, dan melibatkan partisipasi aktif dari tim pengabdian kepada masyarakat, pemerintah daerah, ahli lingkungan, dan komunitas setempat. Data-data yang terkumpul, termasuk evaluasi tingkat kepuasan masyarakat, perubahan sikap pengetahuan dan keterampilan, serta rekomendasi kebijakan, menjadi dasar untuk perencanaan jalur kereta api yang sesuai dengan kepentingan masyarakat. Hasil kegiatan ini membantu memastikan pembangunan infrastruktur yang berdampak positif dan berkelanjutan di segmen Krenceng - Anyer Kidul, Serang.

Keywords
Pengabdian kepada Masyarakat; Survey; Jalur Kereta Api; Partisipasi Masyarakat; Perencanaan Infrastruktur
References

Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 296 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 2128 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Perkeretaapian Nasional.

Muhammad Rifqi, Wahyu T dan Adya Aghastya (2021), Perencanaan Trase Reaktivasi Jalur Kereta Api Lintas Semarang – Demak Menggunakan GIS dan Autodesk Infrawoks, Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi ke 24 Universitas Indonesia – Universitas Pembangunan Jaya, 4-6 November 2021. https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/download/758/710

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 .

Septian widi, Ahmad Soimun (2019), Pemilihan Alternatif Trase Kereta Api di Kabupaten Bangkalan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process, Jurnal Perkeretaapian Indonesia Volume III NOmor 2 November 2019. P ISSN: 2550-1127, E-ISSN: 2656-8780. https://www.researchgate.net/publication/339505170_Pemilihan_Alternatif_Trase_Kere_Api_Di_Kabupaten_Bangkalan_Menggunakan_Metode_Ahp

Information
PDF
93 times PDF : 51 times
Article Tools