PENGARUH WOM, KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP BRAND AWARENESS VIVO DI KOTA TANGERANG

Syahrul Sahirul Alim, Widyatmini Widyatmini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth (WOM), kualitas produk, brand ambassdor, dan harga secara parsial maupun simultan terhadap brand awareness VIVO di Kota Tangerang. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Tangerang yang menggunakan smarthphone VIVO. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden pengguna VIVO di Kota Tangerang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F), serta koefisien determinasi. Peneliti menggunakan bantuan software SPSS versi 25 untuk melakukan perhitungaan setiap alat analisis. Berdasarkan hasil uji hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel word of mouth (WOM), brand ambassador, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadarp brand awareness smarthphone VIVO di Kota Tangerang. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan (uji F) menunjukkan bahwa word of mouth (WOM), kualitas produk, brand ambassador, harga berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap brand awareness smarthphone VIVO di Kota Tangerang.

Full Text:

PDF