JOB DEMANDS-RESOURCES (JD-R) DALAM MENGGAMBARKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT (BEST PRACTICE)
Abstract
Penelitian ini ingin mengetahui dan menggambarkan employee engagement pada karyawan staf marketing PT. X yang dipengaruhi oleh model job demands-resources (JD-R). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 92 orang staf marketing di PT. X. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode survei dengan alat ukur Utrecht Work Engagement Scale (UWES) yang terdiri dari 17 aitem untuk mengukur employee engagement dan alat ukur The Job Demands-Resources Questionnaire (2014) yang terdiri dari 40 aitem untuk menggambarkan job demands dan job resources. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berganda dengan bantuan progam IBM SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa job resources memiliki pengaruh signifikan terhadap employee engagement (p=0,000; p= <0,05) sedangkan job demands tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap employee engagement (p=0,077; p= >0,05).