PERSEPSI DAN CITRA DESTINASI KOTA JAKARTA (SUDUT PANDANG ORANG MALAYSIA)

Anieq Siti Zahroh, Fitri Rismiyati, Alizah Salsabila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang Malaysia dan faktor apa saja yang dapat membentuk citra destinasi Kota Jakarta. Konsep penelitian ini mengacu pada konsep aspek persepsi menurut Allport dalam Mar’at, 1981): (1) Persepsi Kognitif, (2) Persepsi Afektif, (3) Persepsi Konatif. Dan konsep citra destinasi menurut Qing dan Qu, 2008 ada Sembilan dimensi, yaitu: (1) Travel Environment, (2) Natural Attarctions, (3) Entertainment and Event, (4) Historic Attractions, (5) Infrastructure, (6) Accessibility, (7) Relaxation, (8) Outdoor Activities, (9) Price and Value. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan antara penelitian kuantitatif dengan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30.342.875 yaitu orang Malaysia yang belum berkunjung ke Jakarta, dan sampel yang didapat sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian total rata-rata dapat disimpulkan bahwa dimensi persepsi kognitif dapat dikatakan cukup baik dengan nilai 3,40. Kemudian hasil rata-rata sebesar 3,65 bahwa citra destinasi Kota Jakarta dari segi unsur historic attractions adalah baik.

Full Text:

PDF