KOMUNIKASI PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA DI WILAYAH SITUS CAGAR BUDAYA GUNUNG PADANG KABUPATEN CIANJUR
Abstract
Gunung Padang merupakan daya tarik wisata dengan keunikan yang khas di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Dalam pengembangan pariwisata tersebut terdapat interaksi yang terjalin antara stakeholders, baik antar kelompok, kelompok dengan individu, ataupun individu dengan kelompok. Tujuan dari kajian kali ini adalah untuk menggambarkan bentuk penyampaian informasi serta komunikasi pariwisata antar pemangku kepentingan seperti stakeholder dan warga terkait upaya melakukan pengembangan pariwisata di Situs Cagar Budaya Gunung Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Komunikasi pariwisata yang berlokasi dari kawasan wisata Gunung Padang adalah hasil dari keterkaitan pihak stakeholder dengan hubungannya untuk pengembangan destinasi wisata khas daerah. Komunikasi pariwisata di Kawasan Wisata Gunung Padang terjalin antara beberapa instansi seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat sehingga membutuhkan birokrasi dan koordinasi yang lebih panjang dalam melakukan pengelolaan pariwisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selalu meminta masukan kepada pengelola dan masyarakat sekitar dalam pembuatan kebijakan upaya pengembangan pariwisata di kawasan wisata Gunung Padang agar program dapat terimplementasi dengan baik.