DETERMINAN KUALITAS PELAYANAN, CITA RASA, PERSEPSI HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KFC
Abstract
Makanan cepat saji saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat menginginkan
makanan yang disajikan dengan cepat dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, cita rasa, persepsi harga
dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen KFC. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dengan sampel konsumen yang sudah pernah
membeli KFC di wilayah Depok minimal 1 – 3 kali sebanyak 100 responden. Alat
analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi
linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan secara parsial cita rasa, persepsi harga dan fasilitas berpengaruh
terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan secara
simultan kualitas pelayanan, cita rasa, persepsi harga dan fasilitas berpengaruh
terhadap variabel kepuasan konsumen. Faktor yang paling dominan pengaruhnya
terhadap kepuasan konsumen yaitu fasilitas.