ANALISIS STRUKTUR BAWAH JEMBATAN DENGAN TIPE KOLOM TUNGGAL
Abstract
Jembatan merupakan infrastruktur penghubung antara satu daerah dengan daerah
lainnya, sehingga peningkatan infrastruktur jembatan merupakan salah satu upaya
untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Struktur jembatan terdiri
dari struktur atas dan bawah jembatan. Adapun penulisan laporan ini, berfokus pada
perencanaan struktur bawah jembatan yang meliputi perencanaan pier head, kolom
pier, fondasi, dan pile cap. Penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data,
setelah itu dilakukan perhitungan struktur bawah jembatan yang dimulai dengan
pembebanan yang bekerja pada struktur. Berdasarkan hasil perhitungan pada struktur
bawah jembatan dengan tipe kolom tunggal, tulangan tarik dan tekan pada pier head
jembatan adalah 30D25 dan 15D25. Sedangkan untuk penulangan geser pada pier
head jembatan adalah 3D16-250 serta untuk tulangan minimum akibat susut dan
perubahan suhu adalah 14D19 untuk tiap sisi. Pada struktur kolom pier, hasil
perhitungan tulangan utama adalah 68D32, dan 4D19-200 untuk tulangan geser. Hasil
perhitungan penulangan pada pile cap jembatan terdiri atas penulangan tarik dan
tekan pile cap pada arah memanjang dan melintang jembatan masing-masing adalah
D36-100 dan D36-200. Pada hasil perencanaan fondasi dengan jenis tiang pancang
dan diameter 0,6 m serta kedalaman tiang 20 m, didapatkan hasil penurunan 131,09
mm.