RANCANG BANGUN APLIKASI TRYOUT BERBASIS ANDROID UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
Pembelajaran dan ujian di sekolah pada umumnya masih dilakukan secara
konvensional, dimana interaksi tatap muka menjadi prioritas utama dan metode
komputerisasi menjadi alternatif dalam pengembangan secara teknis dari sistem
belajar dan ujian yang lebih efektif dari segi waktu dan efisien dari segi
penyajian materi ujian, pemeriksaan dan pemberian nilai. Aplikasi tryout online
berbasis android pada tingkat SMP ini merupakan mekanisme baru yang
mendukung aktifitas pengerjaan ujian, pemeriksaan ujian dan laporan hasil ujian
menjadi bentuk platform mobile. Dalam pembuatan aplikasi ini, penulis
menggunakan metode SDLC (system development life cycle), analisis dan
pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan soal tryout dari berbagai
sumber di internet dan dalam merancang dan membuat aplikasi penulis
menggunakan struktur navigasi, rancangan UML (Unified Modelling Language),
rancangan basis data software dan hardware yang mendukung yaitu dengan
menggunakan App Inventor dan MySQL dengan metode pembuatan aplikasi
pemrograman perangkat mobile tanpa coding yaitu kodular. Pengujian dilakukan
dengan metode blackbox testing dan dijalankan pada 3 smartphone android
dengan spesifikasi yang berbeda. Penelitian ini menghasilkan Siswa dapat
melakukan latihan Tryout menggunakan aplikasi mobile yang dapat diakses
dimana saja dan kapan saja, mempermudah siswa dalam melakukan latihan dan
penguasaan materi ujian.