PENERAPAN ALGORITMA DDA (DIGITAL DIFFIRENTIAL ANALYZER) MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Novia Fatimah

Abstract

Garis merupakan salah satu elemen grafik geometri 2D. Garis dapat digambarkan ke
dalam komputer dimana cara menggambarnya berbeda dengan menggambar cara
manual, karena layar komputer bukanlah bidang kosong seperti bidang kosong dalam
lembaran kertas, melainkan bidang yang terdiri dari kotak-kotak berukuran tertentu
yang disebut sebagai piksel. Sehingga untuk menggambarkan suatu garis pada
komputer adalah dengan cara mengaktifkan piksel-piksel tertentu menggunakan
algoritma tertentu sehingga terlihat menyerupai seperti garis. Salah satu algoritma
yang dapat digunakan untuk menggambar garis adalah algoritma DDA (Digital
Diffirential Analyzer), yaitu suatu algoritma untuk membuat garis sederhana yang
memanfaatkan tingkat kemiringan garis. Agar dapat melihat bagaimana suatu garis
sesungguhnya terbentuk di dalam layar komputer maka dibuatlah visualisasi algoritma
ini dengan menggunakan perangkat lunak Visual Basic 6.0. Secara keseluruhan,
penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus mengenai salah satu elemen
grafik geometri 2D, dan dalam pembuatan aplikasi, penulis menggunakan metode
Rapid Application Development (RAD), yaitu suatu metode pengembangan sistem
dengan proses model perangkat lunak incremental dengan siklus pengembangan yang
singkat, ruang lingkup yang kecil, dan tim yang kecil yang terdiri atas client dan
pengembang, dimana baik client maupun pengembangnya adalah penulis sendiri. Hasil
akhir penelitian ini adalah suatu program siap pakai yang berupa Aplikasi DDA.
Penelitian ini dapat digunakan untuk media ajar Grafika Komputer dengan materi
menggambar elemen grafik 2D dan media ajar Pemrograman Komputer, baik sebagai
alat bantu menerangkan dasar teori maupun sebagai alat bukti teori yang bersifat
interaktif sehingga memudahkan memahami materi yang disampaikan karena
imajinatif, tidak monoton dan tidak membosankan.

Full Text:

PDF