STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MONAS DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA BANK DKI KANTOR CABANG MATRAMAN)

Yusrina Nur Amalia, Widyatmini Widyatmini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan pendekatan
Analisis SWOT di Bank DKI Kantor Cabang Matraman. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah pengguna produk Tabungan Monas. Penelitian ini menggunakan
sampel nasabah pengguna produk Tabungan Monas di Bank DKI Kantor Cabang
Matraman dengan menyebar kuesioner melalui google form (online) dan memperoleh
jawaban dari 100 responden nasabah produk Tabungan Monas di Bank DKI Kantor
Cabang Matraman. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas,
Analisis SWOT, IFAS (Internal Strategic Factors Analisys Summary), dan EFAS
(Eksternal Strategic Factors Analisys Summary). Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
Kekuatan (Strenghts) dan faktor Peluang (Opportunities) memiliki nilai yang lebih
tinggi dibandingan dengan faktor Kelemahan (Weaknesses) dan faktor Ancaman
(Threats). Pada matriks SWOT dari strategi SO menunjukkan bahwa faktor internal
Kekuatan (Strenghts) dan faktor Peluang (Opportunities) berada pada posisi Kuadran
I (growth). Artinya, produk Tabungan Monas di Bank DKI Kantor Cabang Matraman
memiliki peluang dan banyaknya kekuatan yang mendorong serta berada pada titik
yang menguntungkan.

Full Text:

PDF