SISTEM PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT
Abstract
Bank Perkreditan Rakyat( BPR) mempunyai keunggulan komparatif dalam prosedur
pelayanan simpel, proses kilat, skim kredit fleksibel, pendekatan personal sebab posisi
kantor dekat dengan pasar/ nasabah. Melalui karakteristik operasional yang khusus,
membolehkan BPR menjangkau serta melayani usaha mikro serta warga pedesaan.
Dengan demikian ialah langkah yang pas bila Bank Indonesia menetapkan kalau
keberadaan BPR wajib sanggup membagikan khasiat yang besar untuk warga serta
perekonomian wilayah. Dibanding dengan Lembaga Keuangan Mikro( LKM) nonbank,
BPR mempunyai keunggulan berbentuk pengaturan, pengawasan serta pembinaan oleh
Bank Indonesia. Sehingga diharapkan BPR mempunyai mutu tata kelola( governance),
manajemen serta operasional yang sehat serta handal. Postingan ini menganalisis
lebih dari 50% nilai kredit, sumbangan pemberian kredit, resiko serta keadaan
ekonomi yang diberikan kepada nasabah serta analisis sistem aplikasi pemberian
kredit mikro lebih dari 40% menggunakan pc serta database nasabah.