PENGARUH AFFECT BASED-TRUST DAN COGNITION BASED-TRUST TERHADAP KUALITAS KERJASAMA PADA PERUSAHAAN JASA PENGUJIAN DAN KALIBRASI PT S

Ardhy Lazuardy, Joseph Jangkung Karyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh affect based-trust terhadap
kualitas kerjasama, menganalisis pengaruh cognitive based-trust terhadap kualitas
kerjasama dan menganalisis pengaruh affect based-trust dan cognitive based-trust
secara bersama-sama terhadap kualitas kerjasama pada perusahaan jasa pengujian
dan kalibrasi PT S. Penelitian ini menggunakan metoe kuantitatif, pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi dari kuesioner
mutu kerjasama dan kuesioner kepercayaan antar pribadi dengan responden sebanyak
91 karyawan. Kuesioner terdiri atas skala affect-based trust, Cognition based trust dan
kualitas kerjasama. Kuesioner yang digunakan menggunakan summated rating scale
atau yang lebih dikenal dengan skala Likert Berdasarkan hasil perhitungan regresi
sederhana terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Affect Based Trust
terhadap kualitas kerjasama dengan nilai R Square sebesar 0,531. Dengan kata lain
dapat berarti bahwa 53,1% variabel kualitas kerjasama dapat ditentukan oleh variabel
Affect Based Trust. Hasil analisis selanjutnya diketahui bahwa hasil analisis regresi
sederhana diperoleh nilai R square adalah sebesar 0,658 dengan kata lain
kepercayaan Cognition Based-trust memiliki pengaruh sebesar 65.8% terhadap
Kualitas Kerjasama. Hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai R square 0,724
dengan kata lain terdapat pengaruh sebesar 72,4% kepercayaan Affect Based-Trust
dan Cognition Based-trust secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kualitas
kerjasama.

Full Text:

PDF