ANALISIS PENGARUH PAJAK,TUNNELING INCENTIVE DAN BONUS PLAN TERHADAP TRANSFER PRICING(STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL YG LISTING DI BURSA EFFEK INDONESIA

Antoni Antoni, Ratih Juwita

Abstract

Transfer pricing, merupakan kebijakan yang dilakukan perusahaan dalam menentukan
harga transfer pada barang dan jasa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis seberapa besar pengaruh pajak, tunneling incentive dan bonus plan
terhadap transfer pricing studi empiris pada perusahaan multinasional. Populasi
penelitian ini adalah perusahaan multinasional pada tahun 2016. Sampel dipilih
menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 90 unit analisis sebagai objek
pengamatan. Alat analisis adalah regresi logistik dengan SPSS 21. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel pajak saja yang berpengaruh signifikan terhadap
transfer pricing. Sementara tunneling insentif dan bonus plan tidak berpengaruh
signifikan pada harga transfer.

Full Text:

PDF