PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, KEPERCAYAAN, DAN KUA LITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA E-MARKETPLACE
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memengaruhi hampir seluruh
sektor dalam kehidupan manusia, baik dalam kehidupan sosial maupun politik dimana
teknologi tidak pernah terlepas dari kehidupan. Kegiatan belanja online merupakan
salah satu bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka
secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
celebrity endorser, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian
secara online pada e-marketplace. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan
teknik purposive random sampling pada konsumen yang pernah melakukan
pembelanjaan secara online. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian ini menyatak an bahwa terdapat pengaruh celebrity
endorser, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara
online pada e-marketplace.