PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, HARGA, DAN CITRA MERE K TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI OJEK ON-LINE DI TANGERANG

Sylvie Wulandari, Sri Rakhmawati, Budiasih Budiasih

Abstract

Transportasi adalah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat modern guna
mempermudah aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan
dan teknologi, alat transportasi saat ini pun semakin berkembang. Transportasi Online
merupakan sebuah terobosan baru dalam hal transportasi umum, yang sekarang ini menjadi l ebih
praktis dengan memadukan teknologi berbasis aplikasi dengan jasa transportasi umum. Penulisan
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, promosi, harga, dan citra merek
terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan jasa trasnportasi on -line di wilayah Tangerang.
Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan teknik
simple random sampling. Kemudian data di analisis dengan menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM) AMOS 26. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas pelayanan,
promosi, dan citra merek memiliki pengaruh terhadap kepuasan, namun harga tidak berpengaruh
terhadap kepuasan. Pengaruh secara tidak langsung pada variabel kualitas pelayanan, promosi,
harga, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan jasa transportasi ojek on-line: di wilayah Tangerang.

Full Text:

PDF