PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA REMAJA BROKEN HOME YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME SMARTPHONE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang perilaku
prokrastinasi akademik pada remaja broken home yang mengalami kecanduan game
smartphone. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif. Pertanyaan
penelitian ini adalah mengenai gambaran atau ciri-ciri prokrastinasi akademik pada
remaja broken home yang mengalami kecanduan game smartphone, faktor -faktor yang
menyebabkan prokrastinasi akademik pada remaja broken home yang mengalami
kecanduan game smartphone, dan dampak -dampak prokrastinasi pada remaja broken
home yang mengalami kecanduan game smartphone. Metode penelitian ini adalah
penelitian kualitatif berbentuk studi kasus, dengan menggunakan teknik pengumpulan
data wawancara tidak terstruktur dan observasi non partisipan. Subjek dalam penelitian
ini remaja yang mengalami perilak u prokrastinasi akademik serta didukung oleh
significant other yaitu orang terdekat subjek yang mengerti kehidupan subjek. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa subjek mengalami perilaku prokrastinasi yang
disebabkan karena rasa kekecewaan terhadap kedua orang tua subjek yang berpisah.
Subjek takut akan kegagalan dalam setiap menunda -nunda pelajaran, tetapi subjek
melakukan hal tersebut untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya.