ANALISIS BUTIR SKALA NEO-PI-R
Abstract
Kepribadian merupakan salah satu aspek psikologis yang penting dalam memprediksi banyak
perilaku manusia, termasuk perilaku manusia dalam dunia industridan organisasi seperti gaya
kepemimpinan individu, performansi kerja, prokrastinasi ataupun perilaku cyberloafing. Salah
satu jenis kepribadian pada individu adalah Big Five yang dan kini telah berganti nama menjadi
New Five Factor Inventory (NEO-PI). Pengembangan alat ukur mengenai NEO PI-R guna
kepentingan asesmen dalam dunia industri dan orgnisasi menjadi tujuan utama penelitian ini.
Reponden dalam penelitian ini berjumlah 194 responden yang diperoleh melalui pengambilan
data dengan menggunakan google form. Analisis uji validitas isi, daya diskriminasi item, serta
reliabilitas digunakan untuk melihat efektivitas setiap item dalam skala NEO-PI. Hasil analisis
menunjukkan bahwa 63 dari 91 item direvisi oleh peneliti. Terdapat 18 dari 240 item yang
memiliki koefisien daya diskriminasi di bawah 0,2 dengan koefisien reliabilitas alpha berstrata
berkisar dari 0,785 – 0,948. Meskipun terdapat 18 item yang gugur, hasil perhitungan reliabilitas
dengan menggunakan alpha berstrata, menunjukkan koefisien reliabilitas setiap dimensi NEO
PI-R >0,7. Hasil ini menunjukkan bahwa alat ukur NEO PI-R dapat diandalkan untuk pengukuran
kepribadian individu secara umum melalui self-report. Situasi dan kondisi pengisian kuesioner
harus dipertimbangkan oleh penelitian sleanjutnya mengingat banyaknya jumlah item yang
disajikan. Uji validitas konstruk juga perlu dilakukan dalam penelitian selanjutnya, mengingat
alat ukur NEO PI-R merupakan bentuk skala adaptasi.