NETIKET MAHASISWA DALAM MENGIRIM SURAT ELEKTRONIK KEPADA DOSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi netiket mahasiswa tingkat 3 dalam mengirimkan tugas kepada dosen menggunakan surat elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan berupa surat elektronik berisi tugas yang dikirim mahasiswa tingkat 3 kepada dosen
selama periode Januari hingga Desember 2019 dengan jumlah 75 surat. Analisis
dokumen dilakukan untuk memeriksa dan mengelompokkan netiket mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 4 mahasiswa tidak menulis subjek surat dan 23
mahasiswa membiarkan kotak isi surat kosong. 52 mahasiswa mengirim surat
elektronik dengan menuliskan subjek surat, isi surat dan melampirkan berkas tugas.
Sayangnya, sebagian besar surat, 46 dari 52, tidak sesuai dengan syarat minimum
kelengkapan surat yang meliputi pembuka, isi yang menjelaskan tujuan yang
dikomunikasikan secara sopan dan santun, serta penutup. Hanya sebagian kecil
mahasiswa, yakni 6 dari 75 mahasiswa, yang beretiket baik dalam berkomunikasi
kepada dosen menggunakan surat elektronik.
selama periode Januari hingga Desember 2019 dengan jumlah 75 surat. Analisis
dokumen dilakukan untuk memeriksa dan mengelompokkan netiket mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 4 mahasiswa tidak menulis subjek surat dan 23
mahasiswa membiarkan kotak isi surat kosong. 52 mahasiswa mengirim surat
elektronik dengan menuliskan subjek surat, isi surat dan melampirkan berkas tugas.
Sayangnya, sebagian besar surat, 46 dari 52, tidak sesuai dengan syarat minimum
kelengkapan surat yang meliputi pembuka, isi yang menjelaskan tujuan yang
dikomunikasikan secara sopan dan santun, serta penutup. Hanya sebagian kecil
mahasiswa, yakni 6 dari 75 mahasiswa, yang beretiket baik dalam berkomunikasi
kepada dosen menggunakan surat elektronik.