Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah, Nilai Bagi Nasabah, dan Reputasi Perusahaan Pada Bank BUMN
Abstract
Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis pengaruh
kualitas produk, kepuasan nasabah, nilai bagi nasabah, dan reputasi perusahaan
terhadap loyalitas nasabah Bank BUMN. Penelitian ini menggunakan sampel 165
nasabah Bank BUMN dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM). Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS 21 dan AMOS 21. Hasil
analisa data menunjukkan bahwa model penelitian memiliki 4 kriteria dinyatakan
Good-fit dan 5 kriteria dinyatakan Marginal-fit. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah,
nilai bagi nasabah, dan reputasi perusahaan. Kepuasan nasabah, nilai bagi
nasabah, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas
nasabah.