STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA
Abstract
Dunia Pendidikan saat ini mengalami berbagai perubahan sejak Pandemi Covid-19 melanda. Hal tersebut berdampak langsung pada mahasiswa dimana kinerja akademik menurun yang diakibatkan dengan adanya perubahan system pembelajaran yang digunakan. Salah satunya berdampak pada stress akademik. Riset ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran stress akademik yang dialami oleh mahasiswa. Riset ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu incidental sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran dengan system hybrid yaitu sebanyak 150 mahasiswa. Pada penelitian ini menggunakan Teknik analisa data dengan statistic descriptive kuantitatif dengan melihat mean empiric dari variable stress akademik. Alat ukur yang digunakan yaitu Academic Stress Scale dari Kohn & Frazer pada tahun 1986 yang terdiri dari 35 item. Hasil menunjukkan bahwa stress akademik yang dialami mahasiswa dalam kategori sedang. Hasil ini menggambarkan bahwa mahasiswa yang melakukan pembelajaran dengan metode hybrid memiliki gambaran stress akademik yang berbeda-beda seperti sulit berkonsentrasi, sulit mengingat materi, hingga menunda-nunda penyelesaian tugas.