PERANCANGAN PRODUK KEMASAN CACAO NIBS DI UMKM RSF KOTA TANGERANG SELATAN

Rizka Syifa Fadhilah, Asep Mohamad Noor

Abstract

Cacao Nibs merupakan salah satu produk makanan yang dihasilkan oleh UMKM RSF yang terbuat dari biji cokelat yang dipanggang. UMKM RSF membuat kemasan sendiri untuk setiap produk yang dihasilkan. Sampai saat ini Cacao Nibs dikemas dengan menggunakan plastik klip. UMKM RSF dalam melakukan kegiatan penjualan produk Cacao Nibs mengalami permasalahan yang berkaitan dengan kemasan, dimana kemasan Cacao Nibs tersebut masih memiliki kekurangan yaitu secara visual dan struktur kemasan kurang menekankan citra produk yang dihasilkan serta kurang menarik secara estetika karena bahan kemasan yang digunakan berupa plastik klip yang ditempelkan label. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis produk kemasan Cacao Nibs, menentukan spesifikasi target rancangan kemasan Cacao Nibs, serta merancangan detail produk berupa arsitektur produk dan prototipe kemasan Cacao Nibs berdasarkan kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis. Metode dan luaran perancangan dari penelitian ini yaitu Quality Function Deployment (QFD) dengan menggunakan matriks House of Quality (HOQ) untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis dari produk kemasan Cacao Nibs, Analitycal Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk mengetahui spesifikasi target rancangan produk kemasan Cacao Nibs, dan visualisasi dari desain kemasan 2D dan 3D dari produk Cacao Nibs dengan menggunakan software CATIA V5R21 dan Adobe Photoshop CC 2017 digunakan untuk memvisualisasikan kemasan 2D dan 3D, kemudian pembuatan prototipe dari produk kemasan Cacao Nibs yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan karakteritik teknis. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan hasil yaitu bentuk kemasan berbentuk balok (kotak), bermaterial karton ivory (20 gram), ukuran kemasan yaitu dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (10x18x5) cm, dan fitur tambahan kemasan berupa tali pegangan.

Full Text:

PDF