INFORMASI DAN PENGOLAHAN BERITA TELEVISI (Studi Kasus di TV Megaswara Bogor)
Abstract
Isi media massa merupakan produk organisasiyang karakteristiknya dipengaruhi oleh perilaku organisasi itu sendiri. Dampak bagi masyarakat pada tahap awal ditentukan oleh kompleksitas organisasi media dalam proses memediakan pesan-pesan untuk khalayak. Penentuan peristiwa-peristiwa terkini yang diprediksi akan menjadi headlines news juga merupakan suatu perwujudan dari Agenda Setting Redaksi Dinamika Bogor TV MGS. Selain menjalankan peran sebagai gatekeeper, yaitu menyiapkan rundown program berita dengan menempatkan dan menetapkan berita pada segmen-segmennya, produser juga bertindak sebagai eksekutor gatekeeping dalam melakukan seleksi berita yang dibuat reporter. Produser sebagai gatekeeper memiliki kewenangan untuk menjalankan proses gatekeeping dengan mengganti, menghilangkan, menambahkan kalimat dan gambar yang disiapkan reporter. Rata-rata durasi berita selama satu minggu adalah 2 menit 4 detik. Urutan segmentasi berita awal mengalami perubahan segmentasi berita final yang dilakukan oleh produser untuk menarik pemirsa. Pengaruh individu-indiuidu gatekeeper dalam melakukan konstruksi atas peristiwa yang terjadi tidak
mendapat tempat, mengingat pengambilan keputusan disepakati dalam mekanisme rapat redaksi yang memungkinkan terjadinya perdebatan secara terbuka. Faktor-faktor individu reporter yang sangat mempengaruhi pencarian serta hasil berita adalah pendidikan dan pengalaman.